Kendalikan Rekening Listrik Anda dengan Cara Ini

Kendalikan rekening listrik anda dengan cara ini – Sekarang tagihan listrik menjadi pengeluaran rutin rumah tangga setiap bulan. Oleh sebab itu biaya tagihan listrik dimasukkan dalam anggaran pengeluaran utama disamping pengeluaran lainnya.

Ada kalanya tagihan listrik lebih besar dari perencanaan anggaran pengeluaran semua. Biaya tagihan listrik membengkak dari semula tanpa diduga. Pembengkakan anggaran ini tentunya tidak diinginkan oleh setiap pengguna listrik.

Pengguna listrik dapat mengendalikan rekening listrik dengan cara mengontrol variabel yang menyebabkan biaya tagihan tidak melebihi anggaran pengeluaran yang ditetapkan semula. Seperti diketahui, tagihan rekening listrik bersumber dari variabel tetap dan tidak dapat dimodifikasi oleh pengguna. Misalnya, tarif listrik per kWh, PPJ dan biaya administrasi.

cara,mengendalikan,rekening listrik

Namun pengendalian tagihan listrik dapat dilakukan dengan variabel yang berubah atau tidak tidak tetap. Misalnya, kendali terhadap pemakaian energi listrik oleh peralatan rumah tangga yang menggunakan listrik.

Besarnya energi listrik yang terpakai oleh alat listrik di rumah tangga ditentukan oleh variabel daya peralatan listrik dan lamanya waktu pemakaian alat. Ini menjadi salah satu gerakan hemat energi listrik di rumah tangga.

1.Daya alat listrik
Semakin besar daya peralatan listrik semakin besar pula energi yang terpakai oleh alat tersebut. Usaha pengguna agar tagihan rekening listrik tidak membengkak adalah mengendalikan pemakaian alat-alat listrik yang dibutuhkan. Misalnya, tidak menggunakan alat yang menggunakan daya listrik besar dalam waktu bersamaan. Gunakan secara bergantian jika diperlukan.

2.Waktu pemakaian
Semakin lama peralatan listrik digunakan semakin besar energi yang dibutuhkan oleh alat tersebut. Usaha untuk mengendalikan pembengkakan rekening listrik adalah menggunakan alat listrik dimana dan kapan perlu saja. Matikan alat rumah tangga yang tidak digunakan atau mencabut plugin alat dari stop kontak.


Cara mengendalikan rekening listrik dari variabel daya dan waktu di atas dapat dilakukan oleh semua penghuni rumah dengan cara bijaksana. Oleh sebab itu perlu pemahaman intensif antar semua anggota keluarga sehingga tidak menimbulkan permasalahan dalam rumah tangga itu sendiri. Sebaliknya dapat menghemat energi listrik yang berujung pada penghematan pengeluaran setiap bulan.

Share this :

1 Response to "Kendalikan Rekening Listrik Anda dengan Cara Ini "

  1. biasanya cas hape, tv, magicom gak dilepas, jadi tetep menyerap daya ya..

    BalasHapus