4 Langkah penting Menulis Karangan Tentang Liburan

4 Langkah penting menulis karangan tentang liburan – Masa liburan sekolah tentunya masa yang sangat ditunggu-tunggu oleh siswa. Dan, bagaimana masa liburan sekolah kali ini? Kemana siswa pergi liburan? Atau, liburan di rumah saja? Wah, itu bukan masalah. Di mana pun dan kemana pun berlibur, yang penting masa liburan sekolah itu dapat dimanfaatkan dengan baik.

Biasanya di awal semester baru setelah liburan, guru menugaskan siswa membuat karangan tentang pengalaman berlibur. Banyak siswa yang kesulitan mengungkapkan kembali pengalaman liburnya ke dalam sebuah karangan. Pada hal tugas yang diberikan guru banyak manfaatnya bagi siswa terutama sebagai latihan menulis karangan.

Oleh sebab itu berikut ini disajikan bagaimana langkah praktis menulis karangan tentang pengalaman berlibur siswa:

langkah,menulis,karangan,liburan

1.Tulis saja apa yang terasa

Sebagai langkah pertama, siswa perlu mengambil pena dan buku tulis atau kertas yang tidak terpakai lagi. Jangan buang waktu untuk memikirkan apa yang akan ditulis.  Kemudian tulis saja apa yang terasa atau teringat tentang liburan yang sudah dilalui. Di mana tempat berlibur, apa saja kegiatan yang dilakukan selama liburan, dan apakah masa liburan ini menyenangkan?

2.Pendam konsep karangan

Siswa hanya mampu menulis konsep karangan satu, dua, atau hanya tiga paragraf pada langkah pertama tadi? Tidak apa-apa. Pendam dulu karangan itu beberapa saat sampai kemauan menulis muncul kembali.

3.Baca ulang dan perbaiki

Ketika kemauan menulis muncul kembali, silahkan baca ulang konsep karangan yang sudah ditulis. Mungkin siswa merasa ada yang janggal atau salah. Coret yang dirasa salah kemudian tambahkan kalimat yang dirasa perlu ditambahkan. Ketika membaca ulang, pasti banyak dirasakan kekurangan dalam karangan. Disinilah kesempatan untuk menambah kalimat atau hal penting untuk memperbanyak jumlah kata dalam karangan.

3.Salin ke konsep baru

Konsep karangan yang pertama mungkin penuh dengan coretan atau tambahan kalimat di sana-sini. Agar lebih nyaman dibaca, salin kembali ke konsep baru sehingga terlihat lebih rapi. Jika selesai disalin, akan timbul rasa nyaman untuk memeriksa karangan.

4.Pindahkan ke buku tugas

Jika dirasa sudah lengkap, konsep karangan segera disalin ke buku tugas. Sekarang tugas menulis karangan tentang liburan sekolah sudah siap diserahkan pada guru untuk dinilai.

Share this :

0 Response to "4 Langkah penting Menulis Karangan Tentang Liburan"

Poskan Komentar