Manfaat Makan Bersama Keluarga di Rumah

Manfaat makan bersama keluarga di rumah – Sebuah keluarga terdiri dari ayah, ibu, dan anak. Jika kebetulan keluarga itu termasuk keluarga besar maka situasinya menjadi lebih ramai dan menggembirakan. 

Banyak hal menarik dan lucu terjadi. Bahkan hal menyebalkan sekalipun sering terjadi jika sudah berkumpul semua anggota keluarga di rumah. Orangtua merasa senang dapat berkumpul di ruang makan.

Saat makan bersama menjadi salah satu momentum menarik terjadi pada keluarga. Semua anggota keluarga berada di meja yang sama. Menghadapi hidangan sama. Memulai makan dengan membaca basmalah dan doa akan makan. Suasananya menjadi khidmat.

manfaat,makan,bersama,anak

Banyak manfaat jika makan bersama anggota keluarga. Di antara sekian banyak manfaat makan bersama anggota keluarga di rumah adalah:

1.Memberi nilai tambah makna kebersamaan

Saat makan bersama banyak terjadi hal lucu dan menarik. Juga hal yang menyebalkan sekali pun. Ini akan memberi nilai tambah akan arti kebersamaan dalam sebuah keluarga. Kebersamaan itu indah dan menyenangkan.

2.Kesempatan menerapkan pendidikan karakter

Saat makan bersama keluarga menjadi momentum yang baik untuk menyampaikan nilai-nilai etika dan budi pekerti. Kedua orangtua dapat menanamkan nilai etika ketika makan. Bagaimana tata cara dan adab makan yang baik bersama keluarga.

3.Ajang curhat bagi anak

Kesempatan makan bersama dapat menjadi tempat curhat bagi anak . Tentu saja hal ini dilakukan selesai makan. Anak dapat mengungkapkan segala sesuatu yang dialaminya di sekolah. Anak dapat curhat dengan nyaman dengan kedua orang tua. Sebaliknya, orang tua akan menjadi nara sumber yang baik  dalam memberi pencerahan pada anak.

Dengan menerapkan ketiga poin di atas mudah-mudahan sebuah rumah menjadi tempat yang menyenangkan bagi anak. Jika waktu anak lebih banyak di rumah maka kesempatan untuk belajar di rumah pun semakin terbuka. Sebaliknya akan mereduksi peluang anak untuk keluyuran kesana-kemari membuang-waktu.

Share this :

0 Response to "Manfaat Makan Bersama Keluarga di Rumah"

Poskan Komentar