Media Belajar Fisika: Tersedia di Ruang Kelas

Media belajar fisika: tersedia di ruang kelas – Media adalah alat bantu bagi guru untuk menyampaikan materi pelajaran kepada siswa. Sebagai alat bantu pembelajaran, media memiliki banyak manfaat. Bagi guru maupun manfaat untuk siswa.

Pada hakikatnya manfaat media belajar adalah memperlancar proses belajar dan mengajar. Media mempermudah guru untuk menyampaikan materi pelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai secara optimal.

Bagi siswa, media belajar dapat memusatkan perhatian siswa pada materi pelajaran yang sedang dibahas. Selain itu akan merangsang minat siswa untuk mengetahui lebih dalam tentang materi yang sedang dipelajari. Materi pelajaran yang bersifat abstrak dapat dikonkritkan melalui penggunaan media.

media,belajar,fisika

Manfaat seperti uraian di atas juga berlaku untuk mata pelajaran fisika. Bagi suatu sekolah yang memiliki media belajar yang memadai, pembelajaran fisika dipastikan akan berjalan menarik dan menyenangkan bagi siswa. Namun bukan mustahil hal itu juga bisa diterapkan di sekolah yang terbatas media pembelajarannya.

Disinilah pentingnya usaha dan kreativitas guru untuk memanfaatkan semua benda dan materi yang ada di ruang kelas untuk dipilih menjadi media belajar fisika. Mari kita olah satu per satu:

1.Papan tulis

Di ruang kelas ada papan tulis. Papan tulis termasuk media untuk menulis materi pelajaran. Lebih dari itu, papan tulis dapat diajdikan tempat membuat gambar atau ilustrasi materi pelajaran. Dalam hal ini guru harus terampil merancang dan menggambar objek tertentu yang sesuai materi pelajaran di papan tulis.

2.Penghapus papan

Penghapus papan tulis, sebenarnya dapat dijadikan sebagai media pada pelajaran gerak, misalnya. Dengan tambahan map absen atau buku agenda kelas, bisa digunakan sebagai media pada hukum kelembaman (Hukum I Newton). Ini sangat menarik dimanfaatkan meskipun hanya dalam bentuk sederhana.

Taruh penghapus di atas buku agenda, lalu tarik perlahan-lahan buku agenda dengan  arah mendatar. Penghapus akan ikut bersama buku agenda yang ditarik. Kemudian tarik buku agenda secara mendadak. Apa yang terjadi?

3.Perlengkapan di meja guru

Setiap kelas memiliki perlengkapan seperti buku agenda, daftar absensi, bunga, ember, alas meja. Semua itu bisa digunakan untuk menjelaskan materi gaya, tekanan dan gerak. Semua perlengkapan ini dapat dialihfungsikan untuk sementara dalam pembelajaran fisika di ruang kelas.

4.Perlengkapan siswa

Apa yang dimiliki oleh siswa ketika belajar? Mistar atau rol, jarum peniti, tas sekolah, cermin hias dan lain sebagainya, dapat digunakan untruk media belajar fisika. Rol plastik dan sobekan kertas kecil yang digosok dengan rambut siswa yang kering akan bermuatan listrik negatif. Buktinya, rol plastik dapat menarik sobekan kertas kecil. Ini adalah media pelajaran listrik statis.

5.Cermin hias

Cermin hias siswa, mistar, selembar kertas buku dan jarum peniti siswa dapat digunakan sebagai media pelajaran sifat bayangan cermin datar pada konsep pemantulan cahaya. Begitu seterusnya… benda dan perlengkapan lain yang ada di kelas untuk dijadikan media pembelajaran fisika. 

Tidak rumit, bukan? Sekali lagi, kekurangan dan keterbatasan sarana dan prasarana pembelajaran sesungguhnya mendorong kita untuk memberdayakan segala benda/materi yang ada pada ruang kelas, termasuk segala sesuatu yang dikenakan oleh guru.

Saya hanyalah seorang guru non-profesional sekaligus blogger yang selalu berusaha belajar dan...belajar serta mengajar, di dunia nyata maupun alam maya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
20 Februari 2016 17.39 delete

Pelajaran yang paling saya suka dulu tuh Pak..

Reply
avatar