Menelisik Peran Ibu dalam Keluarga

Menelisik peran ibu dalam keluarga – Tanggal 22 Desember diperingati sebagai Hari Ibu di Indonesia. Untuk memeriahkan peringatan Hari Ibu, setiap keluarga melakukan berbagai aktivitas yang disesuaikan dengan kondisi keluarga itu sendiri. Dan…, Sobat sendiri, kegiatan apa yang dilakukan untuk memperingati Hari Ibu?

Semua orang mengetahui bahwa jabatan seorang ibu yang paling tinggi dalam keluarga adalah sebagai ibu rumah tangga. Mengurus keperluan rumah tangga  mulai dari hal terkecil sekalipun. Dengan jabatan ini semua aktivitas dalam keluarga menjadi lancar.

Di luar rumah tangga, seorang ibu boleh jadi seorang pejabat. Memegang kedudukan yang jauh lebih tinggi. Bahkan cukup banyak kaum ibu yang sukses memimpin lembaga atau instansi pemerintah maupun swasta. Namun jika pulang ke rumah, seorang ibu akan menanggalkan jabatan dan kedudukannya. Ibu akan berubah peran menjadi seorang ibu rumah tangga yang baik.

peran,ibu,keluarga

Di rumah tangga, seorang ibu memiliki peran ganda. Selain mengurus rumah tangga, seorang ibu juga berperan sebagai seorang pendidik profesional. Seorang ibu akan mendidik anak-anaknya dengan penuh kasih sayang. Memberikan motivasi, bimbingan dan perlindungan dalam pertumbuhan dan perkembangan anak.

Di rumah tangga, pada umumnya seorang ibu lebih banyak mendampingi anaknya belajar. Membantu anak menyelesaikan persoalan belajarnya. Memperhatikan kebutuhan gizi dengan makanan dan minuman yang sehat. Menyiapkan sarapan pagi agar anak lebih bersemangat belajar di sekolah. Sehingga prestasi belajar anak di sekolah juga ditentukan oleh peranan seorang ibu di rumah tangga.

Keteladanan seorang ibu menjadi acuan bagi anak dalam bersikap dan bertingkah laku. Hal ini telah menempatkan seorang ibu sebagai pendidik yang handal jika dibandingkan dengan pendidik yang ada di luar lingkungan keluarga.

Dapat dikatakan, peran ibu di rumah tangga sangat penting dalam menciptakan generasi  hebat; cerdas, berakhlak mulia dan berbudi pekerti luhur. Jika peran ini dapat berjalan dengan baik maka tugas lembaga pendidikan tidak menjadi lebih berat. Sebab, pendidikan moral anak sudah dimulai sejak dini di lingkungan keluarga.

Akhirnya, admin matra pendidikan mengucapkan Selamat Hari Ibu kepada seluruh ibu. Terima kasih atas peranan ibu di rumah tangga yang telah memperhatikan pendidikan anak-anaknya dengan baik dan telaten. 

Share this :

3 Responses to "Menelisik Peran Ibu dalam Keluarga"

  1. PERTAMAX diamankan

    Selamat hari ibu, semoga apa yang saya lakukan saat ini menjadi bagian sedikit bakti saya kepada Ibu saya, amiiin.

    BalasHapus
  2. Selamat hari ibu, hari ini semua anak-anak serempak mengucapkan hari bahagia ibu dan semoga ibu selalu bahagia di masa tuanya :)

    BalasHapus
  3. tugas seorang ibu sangat penting sekali dalam rumah tangga karena anak biasanya lebih enjoy sama ibu ketimbang ayahnya. yang jadi pertanyaan kenapa anak lebih suka ngobrol sama ibu ketimbang ayahnya ya mas?
    oh iya selamat hari ibu ya :)

    BalasHapus