Menjaga Kesehatan 4 Organ Eksresi Manusia

Menjaga kesehatan 4 organ ekskresi manusia - Organ tubuh manusia membentuk sebuah sistem yang disebut sistem organ. Masing-masing organ tubuh saling bekerja secara sinergis dengan melibatkan otak dan sumsum tulang belakang sebagai pengendali.

Begitu pula halnya dengan organ ekskresi tubuh pada manusia. Masing-masing organ bekerja satu sama lainnya membentuk sistem koordinasi. Jika salah satu sistem organ terganggu maka organ lain beresiko ikut terganggu.

Oleh sebab itu betapa pentingnya setiap orang untuk menjaga kesehatan organ ekskresi pada tubuh. Ini juga menghindari biaya untuk mengobati organ yang mengalami gangguan. Beberapa organ ekskresi tubuh manusia yang sangat vital dan perlu dipelihara kesehatannya dengan baik antara lain: ginjal, liver, paru-paru dan kulit.

kesehatan,alat,ekskresi

1.Ginjal

Organ ginjal berfungsi untuk menyaring darah. Menjaga kesehatan ginjal sangat penting dilakukan. Kenyataannya, secara tidak disadari makanan atau minuman yang dikonsumsi setiap hari mengandung zat-zat berbahaya yang dapat tidak dapat dicerna atau dinetralisir oleh ginjal.

Penumpukan zat berbahaya di ginjal akan menyebabkan penyakit tertentu. Untuk menghindari terjadinya penyakit seperti ini sebaiknya kita melakukan olahraga secara teratur. Selain itu juga mengkonsumsi air dalam jumlah yang cukup. Ini akan memperlancar proses metabolisme dalam organ ginjal.

2.Hati (liver)

Hati atau liver dapat dapat menghancurkan atau dapat menetralisir racun yang masuk ke dalam tubuh. Untuk mencegah terjadi sesuatu terhadap organ ini sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan berbahaya, seperti; MSG, aspartam, dan lain sebagainya.

Terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan juga dapat merusak organ hari ini. Mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi, zat seng, antioksidan dapat membuat organ tubuh ini menjadi kuat.

3.Paru-paru

Salah satu hal yang dapat merusak paru-paru adalah asap rokok. Oleh karena itu untuk dapat menjaga kesehatan paru-paru sebaiknya hindari kebiasaan merokok atau bahkan hindari asap rokok.

Untuk menjaga kesehatan paru-paru sebaiknya biasakan isi paru-paru dengan oksigen yang baik. Olahraga secara teratur akan menjaga kesehatan dan juga kinerja paru-paru tersebut, hindari menggunakan pakaian yang terlalu ketat, karena itu akan sedikit mengganggu kinerja paru-paru. Makanan yang sebaiknya dikonsumsi untuk dapat menjaga paru-paru adalah makanan yang mengandung vitamin D, E, dan minyak ikan.

4.Kulit

Kulit berfungsi sebagai organ ekskresi air dan garam sebagai hasil proses metabolisme. Zat cair tersebut dikeluarkan bersama keringat. Menjaga kesehatan kulit bertujuan untuk mencegah timbulnya kelainan pada kulit seperti panu, eksim, kurap, biang keringat dan lain sebagainya.

Saya hanyalah seorang guru non-profesional sekaligus blogger yang selalu berusaha belajar dan...belajar serta mengajar di dunia maya maupun alam nyata.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »