Rencana Persiapan Liburan Sekolah

Rencana Persiapan liburan sekolah – Kemana rencana siswa pada liburan semester kali ini? Oh ya, mungkin saat ini sebagian siswa masih berkutat dengan ujian semester. Atau sebagian lagi sedang menjalani kegiatan ekstrakurikuler. Kalau begitu, saat penerimaan rapor semester sudah dekat.


Barangkali siswa sudah bisa membuat rencana untuk mengisi liburan sekolah yang bertepatan dengan liburan tahun baru. Mengapa perlu sebuah perencanaan liburan sekolah bagi siswa?

siswa,rencana,liburan


Liburan semester yang tercantum dalam kalender pendidikan bertujuan untuk menyegarkan kondisi fisik dan psikis siswa. Selain itu liburan menjadi momentum yang tepat untuk menerapkan ilmu yang diperoleh siswa di sekolah. Kemudian siswa dapat mempersiapkan diri menghadapi pembelajaran semester berikutnya setelah menjalani masa liburan.

Oleh sebab itu perlu sebuah perencanaan agar tujuan liburan sekolah tersebut dapat dicapai secara optimal. Apa hal penting yang perlu direncanakan agar tujaun libur tercapai?

Perencanaan liburan sekolah

Ada tiga hal pokok pertimbangan dalam merencanakan liburan sekolah.

(a).Tempat liburan

Tempat berlibur perlu direncanakan oleh siswa. Apakah hanya di rumah saja, atau pergi ke tempat lain. Pergi piknik bersama orang tua dan keluarga lainnya. Mengunjungi saudara, karib kerabat dan sanak famili di tempat lain.

(b).Kegiatan selama libur

Jika siswa berencana liburan sekolah hanya di rumah saja. Berarti siswa hanya merencanakan bentuk kegiatan yang dilakukan di rumah selama liburan. Berkunjung ke rumah nenek, membantu orang tua, ikut organisasi di sekitar tempat tinggal, dll. Yang penting isi masa liburan sekolah dengan kegiatan positif dan bermanfaat untuk siswa.

Inti masa liburan sekolah adalah kegiatan apa yang bermanfaat dilakukan siswa selama liburan itu. Jika memilih libur ke tempat lain, misalnya di tempat saudara, sanak famili, dan anggota keluarga. Kegiatan apa yang akan dilakukan? Misalnya mengunjungi tempat wisata.

(c).Anggaran finansial yang tersedia

Berlibur di tempat lain akan membutuhkan biaya. Oleh sebab itu perlu melibatkan orangtua. Apakah orangtua mengizinkan atau tidak. Kalau mengizinkan apakah dibekali dengan anggaran biaya yang cukup atau tidak.

Kesimpulan

Kemana pun siswa berencana mengisi liburan sekolah perlu persiapan dan perencanaan yang baik. Hal ini penting dibicarakan dengan orang tua agar tujuan liburan tercapai. Jangan lupa membawa buku meskipun itu hanya buku catatan kecil. 

Buku kecil ini untuk mencatat peristiwa penting yang terjadi dan dialami selama liburan. Boleh jadi guru di sekolah menugaskan siswa untuk membuat karangan atau tulisan mengenai liburan sekolah.

Share this :

4 Responses to "Rencana Persiapan Liburan Sekolah"

  1. Tanpa persiapan dan perencanaa liburan yang di impikan pun akan menjadi sebuah mimpi saja. Dan tentunya dari segi finansial juga harus di rencanakan ya mas :)

    BalasHapus
  2. Perencanaan liburan memang perlu, selain bisa mengukur keuangan yang ada, perencanaan juga bisa menentukan tempat yang tepat bagi anak untuk berlibur, selain mereka bisa bersenang-sengang tapi juga bisa mendapatkan ilmu pengetahuan.

    BalasHapus
  3. Wah iya yah musim liburan hampir tiba, apalagi pas bareng akhir tahun, yang bikin kacau pas liburan tapi kantong kosong, sedih dech.

    BalasHapus
  4. saya biasa mengajak adik saya,, liburan yang ada edukasinya

    jadi bisa dapat 2 manfaat ... Edukasi dan bermain :)

    BalasHapus