Tips Ringan Menghadapi Ujian

Tips ringan menghadapi ujian – Mungkin saat ini siswa sedang mempersiapkan berbagai ujian, terutama sekali kelas terakhir pada jenjang pendidikan SD/MI, SMP/MTs, SMU/K. Sebelum ujian nasional, siswa akan menghadapi berbagai ujian seperti try-out dan ujian sekolah. 

Persiapan yang dilakukan siswa tidak hanya materi pelajaran yang akan diujikan. Yang tak kalah penting adalah sikap siswa sewaktu mengerjakan soal ujian. Cukup banyak siswa yang mempersiapkan diri dengan baik. Namun sikap yang salah ketika ujian membuat jawaban siswa juga menjadi salah. Bagaimana sikap siswa ketika menghadapi ujian? Coba ikuti tips ringan berikut ini:

1.Percaya diri

Siswa harus percaya diri untuk mengerjakan soal dengan baik. Kepercayaan diri akan tumbuh bila siswa memang mempersiapkan materi dengan baik. Oleh sebab itu siapkan diri dengan baik agar timbul kepercayaan diri untuk mengikuti ujian.

tips,menghadapi,ujian

2.Baca soal dengan teliti

Siswa dapat memilih jawaban dengan tepat apabila dibaca dengan teliti. Apa yang dikatakan soal dan apa pula yang menjadi pertanyaan soal. Dalam hal ini perlu sekali keterampilan dan kecepatan membaca.

3.Jangan bingung

Soal ujian disertai kalimat dan gambar serta option (pilihan jawaban). Sebagian siswa memang bingung melihat rangkaian soal dan gambar yang banyak. Oleh sebab itu, baca soal satu per satu. Jangan pikirkan panjangnya soal, banyaknya gambar atau pilihan jawaban soal.

4.Kerjakan dulu yang termudah

Kerjakan terlebih dulu soal yang dianggap mudah agar tidak menyita waktu. Dapat juga mengerjakan soal yang paling pendek dan cepat dapat dibaca. Tidak perlu mengerjakan soal ujian secara berurutan dari awal. Kalau perlu soal pertengahan atau bagian terakhir jika itu memang mudah dan kalimat soalnya pendek.

5.Teguhkan pendirian

Banyak terjadi dimana siswa mengubah pilihan jawabannya semula. Padahal pilihan jawaban semula sudah dipikirkan baik-baik. Tetapi entah karena apa, siswa terpengaruh oleh teman di sekitar tempat duduk. Tanpa pikir panjang segera mengubah pilihan jawaban semula.

6.Manfaatkan waktu

Jangan buang atau ulur waktu saat menghadapi ujian. Manfaatkan alokasi waktu yang ditetapkan. Jika jumlah soal 40 butir, alokasi waktu ujian 120 menit, itu berarti rata-rata satu butir soal dikerjakan selama 3 menit.

7.Periksa kembali jawaban ujian

Banyak siswa yang tergesa-gesa dan ingin cepat selesai dalam ujian. Ini sikap yang keliru. Jika masih tersisa waktu ada baiknya diperiksa kembali hasil pekerjaannya. Mungkin ada butir soal yang belum dikerjakan. Atau bagi yang menggunakan alat baca optik (ABO) mungkin bulatan jawaban belum sempurna.


Itulah 7 butir tips ringan untuk siswa yang akan menghadapi berbagai jenis ujian sampai dilaksanakan ujian nasional tahun ini. Semoga bermanfaat. 

Share this :

0 Response to "Tips Ringan Menghadapi Ujian"

Poskan Komentar