5 Tips Ringan Mengisi Liburan di Rumah

5 Tips ringan mengisi liburan di rumah – Kemana Anda mengisi liburan semester ganjil dan menyambut tahun baru ini? Nah, tulisan ini ditujukan buat Anda yang tak kemana-mana selama masa liburan alias di rumah saja. 

Berkunjung ke suatu tempat terdekat dari rumah (pixabay.com)

Liburan di rumah juga bisa menjadi sesuatu yang menyenangkan ketika liburan sekolah tiba. Meredakan ketegangan saraf setelah berjibaku dengan pelajaran selama satu semester.

Justru banyak yang dapat dilakukan di rumah untuk mengisi masa liburan. Kalau pun harus merongoh kantong, itu pun tak banyak. 

Berikut ini 5 tips ringan buat anda yang tak kemana-mana selama liburan semester dan tahun baru.

1.Berkunjung ke suatu tempat terdekat dari rumah

Kunjungi tempat di sekitar anda yang tak pernah atau jarang dikunjungi. Tempat itu mungkin akan menarik walaupun tak begitu jauh dari rumah Anda.

Perhatikan bagaimana pemandangan alamnya? Keadaan sosial masyarakatnya? Mana tau semua itu menjadi hal menarik dan menggembirakan.

2.Belajar membuat masakan

Bagi siswa perempuan boleh jadi mengisi kesempatan libur dengan belajar membuat masakan atau kue kesukaannya.

Minta bantuan mama atau kakak atau siapa saja yang bisa membuat kue. Siapa tahu kue atau masakan Anda unik dan khas sehingga bernilai jual dan dapat menghasilkan uang.

3.Bertanam tanaman

Memelihara kembang atau bunga boleh juga asal siswa memang penyuka bunga dan hobi merawat tanaman.

Atau bisa juga bertanam tanaman muda seperti; cabe, tomat dan sayur yang bisa ditanam di media polibag.

4.Membantu orangtua

Tak dapat dipungkiri, banyak siswa yang harus membantu orangtuanya ketika libur sekolah. Masa libur tidak hanya dinanti oleh siswa namun juga orangtua siswa.

Di saat liburan orangtua bisa minta bantuan tenaga pada anaknya. Lakukan semua itu dengan enjoy dan tidak terpaksa.

5.Belajar membuat blog

Belajar membuat blog boleh jadi alternatif kegiatan mengisi liburan di rumah. Dengan membuat blog otomatis siswa harus belajar bagaimana mengisi blog dengan artikel atau tulisan.

Lha, tentang blog dipelajari juga dalam pelajaran TIK, bukan? Sedangkan belajar menulis artikel telah dipelajari dalam pelajaran bahasa Indonesia. Kini tinggal menerapkannya secara nyata di rumah.

Inti dari pembahasan artikel postingan ini adalah, usahakan untuk mengisi hari-hari libur dengan kegiatan yang bermanfaat dan menyenangkan.

Jangan banyak diam atau berdiam diri di rumah. Atau keluyuran. Ini demi menghindari dampak negatif yang tak diinginkan.***