5 Kebiasaan Unik Anak Ketika Belajar di Rumah

5 Kebiasaan unik anak ketika belajar di rumah – Pernahkah anda mengamati kebiasaan-kebiasaan anak ketika sedang belajar di rumah? Jika sering mengamati perilaku anak ketika mengulang pelajaran atau mengerjakan tugas rumah (PR). 

Anda mungkin akan geleng kepala karena cara belajar di rumah sewaktu anda sekolah dulu tidak seperti dilakukan oleh anak sekarang. Betulkah demikian?

Kita akan menemukan hal-hal unik sehingga menimbulkan tanda tanya di hati sebagai orangtua. Bisakah dengan cara-cara belajar yang dilakukan anak anda, akan mengerti dan paham dengan materi pelajaran yang diulang? 

Ya, faktanya, anak sekarang dengan cara belajarnya yang dianggap unik itu masih banyak yang tetap eksis. Mereka tetap meraih prestasi belajar di sekolah. Namun banyak juga yang menunjukkan hasil belajar yang kurang baik akibat cara dan kebiasaan belajar yang slah tersebut.


kebiasaan,unik,belajar,anak

Berikut ini adalah kebiasaan-kebiasaan unik yang sering dilakukan oleh anak ketika belajar di rumah:

1.Mau belajar hanya ketika ada ujian di sekolah

Anak cenderung belajar hanya ketika ada tugas rumah atau akan menghadapi ulangan atau ujian di sekolah. Mereka suka merapel materi pelajaran untuk diulang ketika akan ulangan di sekolah. Padahal kemampuan otak anak dalam menerima dan mengingat sesuatu informasi sangat terbatas. 

2.Belajar sambil mendengar musik atau menonton televisi

Sering anak belajar di rumah sambil mendengar musik kesukaannya. Menggunakan headset maupun mendengar langsung dari pemutar musik mereka. Atau ada juga yang terbiasa menonton siaran televisi dengan acara favoritnya. Buku dibuka di hadapan dan sekali-sekali matanya mengarah ke layar televisi.

3.Belajar sambil memegang telepon seluler atau gadget

Ada pula anak belajar di rumah yang suka didampingi ponsel atau gadget. Sambil belajar mereka juga berkirim sms dengan teman. Ada juga yang belajar sambil online; buka facebook, twitter,dll.

4.Belajar karena takut pada orang tua

Anak akan belajar jika disuruh orangtua. Anak yang memang malas belajar sering berpura-pura belajar ketika disuruh atau diawasi oleh orang tua. Tindakan pura-pura belajar ini justru merugikan anak sendiri. Mereka sudah capek pegang buku bacaan dan bahan pelajaran namun hasilnya tidak ada.

5.Belajar sambil tiduran

Belajar sambil tiduran memang menyenangkan. Ada yang belajar tengkurap, telentang sehingga buku bacaan terlalu dekat dengan mata. Kondisi ini jelas akan membuat mata terasa perih dan cepat lelah.

Tentu masih banyak kebiasaan unik lainnya yang ditunjukkan oleh anak ketika belajar di rumah. Namun sebagai orangtua, kita sudah memaklumi bahwa kebiasaan-kebiasaan tersebut, meskipun unik namun berdampak kurang baik terhadap kesehatan maupun hasil belajar anak. 

Saya hanyalah seorang guru non-profesional sekaligus blogger yang selalu berusaha belajar dan...belajar serta mengajar, di dunia nyata maupun alam maya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »