Cara Mudah Menentukan Volume Benda

Cara mudah menentukan volume benda – Volume suatu benda dapat diketahui dengan cara mengukur panjang, lebar dan tinggi benda tersebut. Alat ukur yang digunakan adalah mistar atau rol. Cara ini dilakukan jika benda yang hendak diukur memiliki bentuk yang beraturan.

Namun cara tersebut tidak dapat dilakukan jika benda yang hendak ditentukan volume adalah benda yang tidak beraturan. Lalu bagaimana menentukan volume  benda yang memiliki bentuk yang tidak teratur tersebut? Tentu saja tidak dapat dilakukan pengukuran secara langsung dengan alat ukur besaran panjang yang ada. Cara paling mudah adalah menggunakan gelas berpancuran dan gelas ukur.

Berkaitan dengan masalah ini akan dikemukakan contoh soal IPA Fisika menetukan volume benda yang mempunyai bentuk tidak teratur.

Perhatikan gambar di bawah ini!

Cara,menentukan,volume,benda

Sebuah batu mempunyai bentuk yang tidak berarturan sehingga sulit mengukur volumenya secara langsung. Dengan bantuan alat gelas berpancuran dan gelas ukur ternyata dapat diketahui volumenya. Maka volume batu adalah…

A.30 mL 
B.40 mL   
C.50 mL 
D.60 mL

Pembahasan:
Untuk menentukan volume benda yang tidak berarturan semisal batu dapat dilakukan dengan menggunakan zat cair. Caranya adalah masukkan batu ke dalam gelas berpancuran berisi air dan tampung dengan gelas ukur. Volume batu adalah sebanyak air yang dipindahkan ke dalam gelas ukuran. Pada gambar terlihat air yang dipindahkan oleh desakan batu adalah 30 mL

Kunci jawaban:
A ( 30 mL)

Share this :

0 Response to "Cara Mudah Menentukan Volume Benda"

Poskan Komentar