Melatih Anak Manfaatkan Waktu Senggang

Melatih anak Manfaatkan waktu luang – Apa aktivitas anak anda pulang dari sekolah? Tidur karena keletihan, atau bermain-main bersama temannya? Ya, beban belajar anak di sekolah memang semakin berat. Anak pulang sekolah sudah sore. Kadang-kadang anak terbiasa, segera tidur sore pulang sekolah. Namun ada juga yang menyempatkan diri keluyuran kesana-kemari.

Mungkin ada baiknya anak anda dilatih mengisi waktu luang pulang dari sekolah. Meskipun itu berat bagi anak, kalau sudah terbiasa akan menjadi kebiasaan yang baik. Banyak bentuk aktivitas ringan yang dapat dilakukan oleh anak untuk menggunakan waktu senggang pulang sekolah.

Namun aktivitas itu tidak membutuhkan terlalu banyak energi sehingga anak tidak merasa lebih lelah. Selain itu, bentuk aktivitas perlu disesuaikan dengan hobi dan minat anak. Sumberdaya yang bisa dijadikan objek pengisi waktu lowong pulang sekolah. Dan yang paling penting adalah mudah diterapkan oleh anak meskipun harus dibawah bimbingan anda.

Jenis aktivitas yang dapat dilatihkan pada anak

Banyak jenis aktivitas yang dapat dilatihkan pada anak untuk mengisi waktu senggangnya. Di bawah ini adalah beberapa contoh yang dapat diterapkan kepada anak anda.

1.Memelihara ayam kampung

memelihara,ayam,kampung

Anak dilatih bertanggung jawab untuk merawat ayam kampung piaraannya. Pagi sebelum berangkat  sekolah membuka pintu kandangnya. Karena pada dasarnya ayam kampung bisa mencari makanan sendiri di alam terbuka di sekitar rumah. Kemudian sore hari pulang sekolah memberinya makan sampai memasukkannya ke dalam kandang.

2.Memelihara itik darat

beternak,itik,darat

Itik darat lebih mudah lagi merawatnya. Dua sampai tiga ekor bebek darat tidak akan merepotkan anak. Skedul kegiatan anak hampir sama dengan dengan memelihara ayam kampung. Bedanya, jika itik sudah bertelur maka anak dapat memungut telur itu ke dalam kandang. Membersihkannya kemudian menyimpannya.

3.Memelihara ikan nila

kolam,ikan,mini

Kolam kecil di samping rumah memang perlu anda siapkan terlebih dulu. Kemudian mengisi kolam tersebut dengan bibit ikan nila. Biasanya makanan ikan ini terdiri dari daun tumbuhan yang ada di sekitar rumah. Tugas anak adalah mencari makanan ikan nila ini setiap sore.

4.Bertanam tanaman

tanaman,tomat,cabe

Toga (tanaman obat keluarga) lebih sesuai untuk anak perempuan anda. Anda dapat membimbing anak untuk menanami areal di sekitar pekarangan, samping atau belakang rumah dengan berbagai jenis tanaman obat. Misalnya, tanaman kumis kucing, sambiloto, pohon betadine, pepaya, jeruk nipis dll. Selain itu bisa juga menanam tanaman bumbu dapur seperi jahe, kunyit, cabe rawit, cabe merah, tomat, dll.

Sekali lagi, aktivitas yang disebutkan di atas hanyalah sebagai contoh kecil. Mungkin saja dapat diperluas atau ditambah dengan contoh aktivitas lainnya, sesuai dengan kondisi anak dan lingkungan tempat tinggal anda.

Nilai manfaat yang diperoleh anak

Aktivitas yang dilatihkan pada anak dalam memanfaatkan waktu senggang perlu mempertimbangkan nilai manfaat yang diperoleh anak. Hal ini dipertimbangkan agar anak selalu termotivasi untuk melakukannya. Selain menyenangkan dan menggembirakan anak, aktivitas tersebut bernilai tambah terhadap pegembangan keterampilan dan kreativitas anak.

Kemudian, aktivitas anak pulang sekolah bernilai ekonomis. Hasilnya dapat menambah uang saku anak dan meringankan pengeluaran anda. Dengan demikian anak sudah dilatih untuk berwirausaha kecil-kecilan sejak dini.


Share this :

2 Responses to "Melatih Anak Manfaatkan Waktu Senggang"

  1. Melatih daya ingat dan tingkat kecerdasan anak memang harus dilakukan sejak mereka kecil ya pak, disitu kita akan tahu apa bakat dan skill pada anak

    BalasHapus
  2. ni sangat penting sekali untuk kemajuan anak ya pak, memang agak sulit di jaman sekarang anak mempunyai waktu senggang terlebih lagi untuk belajar, kemajuan teknologi mungkin salah satu alternatif yang bisa kita gunakan

    BalasHapus