Optimisme Publisher Google Adsense Mendulang Dolar

Optimisme publisher google adsense – Barangkali menjadi penayang iklan adsense saat ini tidak lagi menjadi sesuatu yang menggairahkan bagi sebagian blogger. Banyak blogger yang melirik alternatif lain untuk mendulang dolar selain google adsense. Tak dapat dipungkiri, hal ini salah satunya dipicu oleh rendahnya Cost Per Click (CPC) iklan yang berujung rendahnya penghasilan sebagian publisher adsense akhir-akhir ini.

Memang, sejak bulan November tahun lalu penghasilan publisher adsense semakin menurun. Boleh jadi semangat ngeblog pun ikut melorot akibat penurunan penghasilan tersebut. Namun dalam artikel ini tidak akan dibahas penyebab turunnya nilai CPC atau pun penghasilan adsense. Sebaliknya, artikel ini hanya sekadar memotivasi diri untuk tetap berkiprah menjadi salah seorang publisher adsense.

Memonetisasi blog bertujuan untuk meraih penghasilan (tambahan) bagi seorang blogger. Seorang blogger akan berusaha untuk menjadikan blognya menjadi mesin pencari uang. Menjadikan blog yang dibangun dengan susah payah menjadi sesuatu yang bernilai tambah. Dalam aspek finansial, blog yang dimonetisasi diharapkan akan bersifat produktif.

optimisme,publisher,adsense

Mungkin sebagian orang mengatakan, terjun ke dunia blogging hanya sekadar menyalurkan bakat dan hobi. Itu sah sah saja. Namun suatu hal yang tak dapat dielakkan adalah kegiatan blogging pasti memerlukan akomodasi dan biaya. Alasan yang paling logis untuk memenuhi kebutuhan itu adalah memonetisasi blog. Kalau ada yang menyediakan anggaran khusus untuk menyalurkan bakat dan hobi ngeblog, itu sangat luar biasa.

Banyak program yang dapat dilakukan blogger untuk memonetisasi blog. Salah satunya adalah mendaftar menjadi penayang iklan adsense. Program yang cukup digemari ini berformat Pay per Click (PPC). Yang menjadi sorotan adalah program PPC ini dibayar dalam satuan mata uang dolar.

Dalam satu segi perhitungan matematika, PPC yang dibayar dalam satuan dolar cukup menggembirakan. Bagi pengguna mata uang rupiah misalnya, penghasilan dari adsense tidak semata ditentukan oleh nilai klik iklan. Kurs mata uang rupiah terhadap dolar juga ikut menentukan. Begitu pula jumlah klik sah terhadap iklan yang ditayangkan di blog.

Contohnya begini, 1 klik iklan bernilai $0.003, dan kalau dikonversikan ke dalam mata uang rupiah (kurs Rp.13.600) berarti sekitar Rp.450. Seandainya kurs dolar naik terhadap rupiah, misalnya $1 = Rp. 14.900,- (ini pernah terjadi tahun lalu). Maka nilai 1 klik $0.003 setara lebih kurang Rp.500,-

Nah, dapat dibayangkan jika nilai 1 klik iklan jauh lebih besar dari $0.03. Kemudian klik sah terhadap iklan cukup banyak sehingga penghasilan per bulan minimal memenuhi ambang batas payout (PO). Maka segala biaya dan akomodasi kegiatan ngeblog setiap bulan dapat dipenuhi sendiri.


Masalahnya, sampai saat ini nilai klik iklan adsense masih rendah. Seperti diutarakan di atas, keadaan ini sudah berlangsung sejak bulan November tahun lalu. Masihkah  optimisme sebagai publisher akan tetap terpelihara dalam mengumpul 'recehan' dari google adsense? Semoga artikel ini dapat memotivasi admin sendiri maupun sobat yang senasib dan sepenanggungan.  

Share this :

2 Responses to "Optimisme Publisher Google Adsense Mendulang Dolar"

  1. sebenarnya kalau tiap blogger yang pakai adsense mengulas tentang adwords, pasti nilai klik akan tinggi, soalnya akan banyak pebisnis yang tahu keberadaan adwords dan beriklan disana, sehingga efeknya juga pada klik juga..

    oya itu perhitungannya salah Bos, 0.003 x 14.900 sangat jauh dari setara 500, kalau setara 50 lah baru benar, yang x 13.600 juga terlalu jauh, masa dua kali, coba gunakan kalkulator, hehehe....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas koreksinya, mas CC...
      Angka nolnya jadi kelebihan ditulis, semestinya ditulis 1 klik iklan bernilai $0.03 bukan $0.003.

      Hapus