Praktik Membuat Minuman Detoks dari Jeruk Nipis

Praktik membuat minuman detoksifikasi – Jeruk nipis termasuk jenis tanaman herbal yang sering dibutuhkan orang. Baik untuk bumbu dapur, kesehatan dan pengobatan, maupun bahan pembersih. 

Mudah dikembangbiakan, sehingga tidak hanya petani jeruk nipis yang membudidayakannya, keluarga pun bisa bertanam jeruk nipis di sekitar rumah. Memanfaatkan lahan kosong di sekitar pekarangan dengan bertanam jeruk nipis.

Mencangkok merupakan salah satu cara yang banyak dilakukan untuk mengembangkan tumbuhan ini. Bahkan anak sekolah pun sering  mencangkok jeruk nipis sebagai kegiatan praktik di sekolah. 

Itu salah satunya dilatarbelakangi oleh manfaat dan kegunaan jeruk nipis dalam kehidupan sehari-hari.

jeruk nipis,detoksifikasi,tanaman herbal

Dalam matra kesehatan, jeruk nipis konon dapat dijadikan alternatif pengobatan alami. Para netter menyebutnya dengan detoksifikasi, yaitu proses pengeluaran bahan bersifat racun dalam tubuh. 

Memang, proses metabolisme tubuh menghasilkan bahan yang bersifat racun dan biasanya menumpuk di bagian sendi atau otot. Seperti diketahui, dua bagian tubuh ini berfungsi sebagai alat gerak bagi tubuh.


membuat,detoksifikasi,jeruk nipis,

Oleh sebab itu ketika tubuh terutama sendi dan otot terasa pegal, jeruk nipis menjadi alternatif solusinya. Caranya adalah membuat minuman dari bahan jeruk nipis. Tidak sulit dan tak perlu waktu lama untuk membuatnya, seperti yang sering admin matrapendidikan.com lakukan.

A.Alat dan Bahan:

1.Jeruk nipis 3 buah
2.Teh celup 1 buah
3.Air panas 1 secukupnya
4.Gula putih secukupnya
5.Gelas 1 buah
6.Tadah gelas

B.Cara membuat:

1.Potong menjadi dua, atau tiga bagian ketiga buah jeruk nipis.
2.Tambahkan sedikit gula putih.
3.Masukkan air panas dan teh celup ke dalam gelas, kemudian tutup gelas dengan tadah gelas. Tunggu beberapa menit.
4.Siap untuk diminum.

Kesimpulan:

Minuman detoks dari jeruk nipis dapat mengatasi masalah pegal pada sendi dan otot dalam waktu cepat. Jeruk nipis akan mengeluarkan sisa metabolisme berupa racun yang menumpuk di sendi atau otot melalui keringat atau air seni. 

Maka tidaklah mengherankan jika beberapa menit kemudian tubuh menjadi segar kembali setelah meminum jeruk nipis ini.

Share this :

3 Responses to "Praktik Membuat Minuman Detoks dari Jeruk Nipis"

  1. Nahh..jujur saya baru tau Kang Uda cara bikinnya..hee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah-mudah-mudahan bisa dicoba dan menjadi kebiasaan. Cara di atas sebenarnya cara yang sudah sering dilakukan oleh orang tua-tua kita sejak dulu, mas...

      Hapus
  2. Wah selama ini saya pake Milagros air alkali untuk keperluan detoks seperti ini Uda Awak. Tapi boleh juga dicoba tips dan trik buat detok dari jeruk Nipis seperti ini,. Izin nyimak dahulu

    BalasHapus