5 Tips Agar Anak Betah Belajar di Rumah

5 Tips agar anak betah belajar di rumah – Rumah adalah tempat belajar pertama bagi anak setelah sekolah dan lingkungan sosial masyarakat. Hal ini disebabkan karena waktu anak lebih banyak di rumah bersama orang tua ketimbang tempat lainnya. Kondisi ini sangat strategis bagi orang tua dalam memotivasi anak untuk belajar.

Jika anak mau belajar di rumah hanya ketika ada pekerjaan rumah (PR) dari guru di sekolah. Boleh jadi hal ini sebagai indikasi bahwa anak tidak betah belajar. Belum tercipta suasana yang kondusif sehingga tidak memungkinkan anak mau belajar di rumah.

Kondisi ini akan lebih buruk lagi bila anak juga merasa tidak betah belajar di sekolah. Maka dapat diperkirakan anak tersebut  sering bolos, datang terlambat ke sekolah atau telat masuk kelas. Saat belajar berlangsung, anak akan  sering minta izin keluar dengan berbagai alasan. Ngantuk dan tiduran ketika belajar dan sejumlah perilaku menyimpang lainnya.

tips,betah belajar,anak,rumah

Bagaimana alternatif solusinya? Berikut disajikan 5 tips untuk orangtua agar anak betah belajar di rumah:

1.Menciptakan budaya belajar

Budaya belajar pada anak akan tumbuh dan berkembang bila anak merasakan belajar itu sebagai kebutuhannya. Dalam hal ini peran orangtua sangat penting memberikan dorongan pada anak sehingga tumbuh budaya belajar. Bahwa belajar dan hasilnya untuk pemenuhan kebutuhan anak, bukan untuk orang tua. Dengan banyak belajar maka banyak pula yang akan diperoleh wawasan dan pengetahuan sehingga memudahkan sang anak dalam menjalani hidup dan kehidupannya.

2.Modifikasi lingkungan fisik

Lingkungan belajar di rumah dapat dimodifikasi sedemikian rupa sehingga terwujud suasana belajar yang kondusif. Dalam hal ini adalah penataan ruang belajar atau kamar tidur anak menjadi lebih rapi, bersih dan nyaman. Warna dinding yang sejuk, tata cahaya yang memadai, tata letak yang rapi di sekitar ruang belajar anak.

3.Suasana belajar kondusif

Anak akan betah belajar di rumah tidak hanya karena lingkungan fisik yang tertata rapi dan menyenangkan. Suasana psikologis sangat berperan dalam mendukung anak betah belajar. Ketika anak belajar, usahakan untuk tidak menimbulkan bunyi atau suara yang mengganggu konsentrasi belajar anak. Misalnya, tidak menyetel televisi atau radio, tidak bercengkrama dan bersenda gurau ketika anak sedang belajar.

4.Fasilitas belajar

Penyediaan fasilitas dan perlengkapan akan memudahkan anak untuk belajar dengan baik. Ketika anak butuh buku sumber belajar ia tak perlu lagi menghentikan kegiatan belajarnya untuk mencari atau meminjam buku ke rumah temannya. Begitu pula perlengkapan menulis seperti pensil, pena, penghapus dan mistar.

5.Perhatian orang tua

Mungkin orang tua tidak perlu terus-menerus mendampingi anak belajar di ruang belajarnya. Namun kesediaan orang tua menyiapkan sedikit makanan ringan atau minuman kesukaannya bernilai tamnbah dalam membangkitkan kebetahan anak untuk belajar di rumah.

Peran orang tua sangat penting dalam membangkitkan kebetahan anak untuk belajar di rumah. Peranan seperti ini akan menghantarkan anak untuk meraih prestasi belajar di sekolah. Oleh sebab itu mari kita betahkan anak untuk selalu belajar di rumah meskipun guru sekolah tidak memberi tugas rumah. Sebagai tambahan referensi, mungkin ada baiknya dibaca juga:
  1.  Mengapa Anak Enggan Belajar di Rumah
  2. Trik Agar Anak Bersemangat Belajar di Rumah
  3. Upaya Menumbuhkan Budaya Belajar Anak
Share this :

3 Responses to "5 Tips Agar Anak Betah Belajar di Rumah"

  1. Terima kasih Bang Uda..atas tips Belajarnya..hee

    BalasHapus
  2. Trmksh tips belajarnya.
    Berkesan.

    BalasHapus
  3. ini bisa saya jadikan referensi ni, terima kasih ya pak uda

    BalasHapus