Begini Proses Kerja Ginjal Manusia

Begini proses kerja ginjal manusia – Urine atau air seni yang dikeluarkan seseorang kadang-kadang terlihat bening. Ada pula berwarna dan bau. Bahkan warna dan bau pada air seni tergantung pada makanan dan minuman yang dikonsumsi beberapa waktu sebelumnya. 

Air seni (urine) yang dikeluarkan dari tubuh manusia merupakan hasil dari proses kerja organ tubuh manusia. Ginjal telah melakukan proses kerja penyaringan dan penambahan zat sehingga dikeluarkan dalam bentuk urine.

proses,kerja,organ ginjal

Ginjal merupakan salah satu alat ekskresi utama dalam tubuh manusia. Sebagian besar sisa metabolisme yang tidak berguna bagi tubuh diekskresikan (dikeluarkan) melalui ginjal. Sisa metabolisme itu berasal dari perombakan protein (amonia dan urea) melalui proses pembusukan oleh mikroba dalam usus. Simak juga: Fungsi Utama Ginjal Manusia

Bagaimana proses kerja ginjal?

Ternyata ginjal manusia melakukan serangkaian proses sehingga terbentuk air seni sebagai hasil ekskresi. Ada 3 proses kerja penting yang terjadi pada organ ginjal manusia:

1.Penyaringan (filtrasi)
Proses penyaringan darah oleh ginjal terjadi pada bagian glomerulus. Proses ini menjadi lancar karena adanya tekanan hidrolik dan permeabilitas yang tinggi. Namun zat-zat yang larut dalam cairan darah seperti glukosa, asam amino, garam-garam dan urea, akan menjadi endapan karena tidak tersaring oleh glomerulus.

Penyaringan darah pada glomerulus menghasilkan urine primer berupa filtrat glumerulus yang tidak mengandung protein. Namun pada filtrat glumerulus masih ditemukan zat lain, seperti; asam amino, glukosa. Natrium dan garam. Baca kembali: Ciri Urine Orang yang Sehat

2.Penyaringan ulang (reabsorbsi)
Endapan glukosa, asam amino dan zat lainnya dalam cairan filtrat glumerulus akan disaring ulang kembali sehingga menghasilkan urine sekunder. Zat yang masih diperlukan tubuh akan dikembalikan ke darah. Sedangkan sisanya akan dikeluarkan dari tubuh dalam bentuk urine.

3.Penambahan zat sisa (augmentasi)
Penambahan zat sisa seperti pigmen empedu dan bau pada urine hasil penyaringan ulang urine primer. Urine yang dikeluarkan oleh manusia mengandung 96% air, 1,5% garam, 2,5% urea dan ditambah dengan zat pewarna empedu.

Begitulah 3 proses kerja penting yang terjadi pada ginjal sebelum mengekkresikan air seni. Semoga menambah pengetahuan kita semua.

Share this :

0 Response to "Begini Proses Kerja Ginjal Manusia"

Poskan Komentar