Cara Menentukan Jenis Muatan Listrik Statis

Cara menentukan jenis muatan listrik statis – Dalam pelajaran listrik statis di kelas IX SMP/MTs, dikemukakan bahwa muatan listrik statis dapat berinteraksi, tolak-menolak atau tarik-menarik. Jika dua benda bermuatan listrik sejenis didekatkan satu sama lain akan terjadi saling tolak-menolak. 

Sebaliknya, akan terjadi gaya tarik-menarik jika dua buah benda bermuatan berlawanan jenis. Tarik-menarik maupun tolak-menolak benda berdekatan menunjukkan adanya interaksi muatan listrik pada benda. 

Muatan listrik pada benda terbagi dua jenis; benda muatan listrik negatif dan bermuatan listrik positif. Benda akan bermuatan listrik negatif apabila mengalami kelebihan elektron (muatan negatif). Sebuah benda dikatakan bermuatan positif jika mengalami kekurangan elektron.

Interaksi benda bermuatan listrik sering ditampilkan dalam ujian, ujian mid semester maupun ujian semester. Tidak jarang soal sejenis ditampilkan juga pada tryout ujian nasional. Soal yang paling sederhana adalah menentukan jenis muatan listrik pada benda.

Meskipun sederhana, untuk mengerjakan soal seperti ini perlu adanya pemahaman yang memadai. Selain itu juga butuh sedikit penalaran. Jika penasaran, mari kita lihat contoh soal serta pembahasannya berikut ini.

Soal:
Perhatikan gambar berikut ini dengan baik!

Ilustrasi gambar (Matrapendidikan.com)

Bola-bola bermuatan listrik sebanyak empat buah digantung pada tali dengan posisi seperti gambar. Jika diketahui bola B bermuatan listrik negatif, maka muatan bola A, C dan D berturut-turut adalah… 

A.positif-positif-positif
B.negatif-negatif-positif
C.negatif-positif-negatif
D.positif-negatif-positif

Pembahasan:
Interaksi bola B yang bermuatan listrik negatif adalah menarik bola A dan C (Ketiganya terlihat berdekatan). Itu artinya, A maupun C bermuatan positif, berlawanan dengan bola B. 

Jika bola C positif maka otomatis bola D bermuatan positif juga sehingga C dan D bermuatan sejenis dan terjadi saling tolak-menolak (berjauhan). 

Kesimpulannya, bola A positif, bola C positif dan D juga positif (positif-positif-positif)

Jawaban:
A (positif-positif-positif)***

Catatan :

Artikel ini dipilih untuk dimasukkan dalam "10 Blog Edukasi Terbaik 2023" dari penerbit bahan ajar pendidikan Twinkl.