Mari Menghitung Nilai Besaran pada Gelombang

Mari menghitung nilai besaran gelombang - Gelombang mekanik jenis transversal memiliki besaran-besaran tertentu. Besaran yang dapat ditentukan pada sebuah gelombang transversal, misalnya gelombang pada tali, adalah kecepatan, frekuensi, perioda, panjang gelombang.

Untuk tingkat SMP/MTs, soal ujian IPA Fisika yang berkaitan dengan besaran gelombang tersebut, masih sering dimunculkan. Baik dalam ujian sekolah maupun ujian nasional. Nah, untuk anda siswa SMP/MTs boleh jadi contoh soal yang akan dikemukakan ini menjadi salah satu alternatif bahan belajar bagi anda.

Siswa diminta untuk dapat menentukan nilai salah satu besaran jika besaran lainnya diketahui. Formulasi yang digunakan menghitung salah satu besaran pada gelombang adalah v = λ x f dimana,  v = kecepatan rambat gelombang, λ = (lamda) panjang gelombang dan f = frekuensi gelombang.  

Soal diberikan pada siswa dalam bentuk gambar penjelas, kalimat pernyataan atau pertanyaan. Berikut kita ikuti sebuah contoh soal tentang besaran pada gelombang.

Perhatikan gambar berikut!

cara,menentukan,besaran gelombang

Seutas tali yang disentakkan membentuk gelombang tranversal seperti gambar. Jika frekuensi gelombang 2 Hz maka cepat rambat gelombang tersebut adalah….

A. 10 m/s
B. 8.0 m/s
C. 6.0 m/s
D. 4.0 m/s

Pembahasan:
Diketahui:
f = 2 Hz
Berdasar gambar, panjang gelombang A - B - C - D - E  adalah 2 λ. Jarak antara dua dasar lembah gelombang = 4 m, sama dengan jarak 1 λ. Oleh sebab itu jarak 2 λ = 8 m. Berarti 1 λ = 4 m.

Dengan menggunakan persamaan gelombang : V = λ x f  maka;
V = λ x f
v = 4 m x 2 Hz
v = 8 m/s

Kunci jawaban:
B ( 8 m/s)

Untuk melengkapi bahan pelatihan anda, simak juga soal sebelumnya: Cara Menentukan Massa jenis Zat

Share this :

2 Responses to "Mari Menghitung Nilai Besaran pada Gelombang"

  1. nah...anak-anak dengan menggunakan rumus Panjang gelombang di kalikan dengan frekwensi maka hasilnya akan kita dapatkan panjang gelombangnya. :)

    BalasHapus
  2. Cuma pas SMP kelas 3 aja belajar pelajaran IPA Fisika pas SMK dari kelas 1 - 3 gak pernah lagi di ajarin ilmu menghitung fisika seperti matematika bikin pusingnya halah

    BalasHapus