Mengutip Manfaat Positif Sosial Media Bagi Anak

Mengutip manfaat positif sosial media bagi anak – Interaksi sosial masyarakat semakin canggih dan mengagumkan sejak berkembangnya media sosial di dunia internet. Secara langsung atau  tidak, hal ini akan mempengaruhi individu pengguna media tersebut. Tidak hanya perilaku sosial namun juga berpengaruh pada kondisi psikologis individu.

Pengguna sosial media tak terbatas lagi pada golongan orang dewasa dan kaum remaja. Namun sudah merambah sampai kelompok anak-anak, termasuk anak sekolah. Kenapa tidak? Semua siswa usia sekolah dasar sampai sekolah menengah pertama dan atas pasti mengenal yang namanya facebook dan twitter.

manfaat,media sosial,dampak positif

Bahkan tak sedikit yang mempunyai akun kedua media sosial tersebut. Otomatis mereka menjadi pengguna kedua media sosial tersebut. Kabar menakutkankah bagi kita orangtua?

Tentu saja tidak mesti dikhawatirkan. Segala sesuatu hasil kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi  memberikan manfaat bagi kemaslahatan umat manusia. Namun tak dapat dipungkiri, dampak negatif semua itu pasti ada. Disinilah peran kita sebagai orangtua untuk mengawasi dan membimbing anak dalam menggunakan media sosial.

Dengan cara ini, anak dapat mengutip manfaat positif sosial media yang ada. Berikut kita coba petik manfaat sosial media bagi anak:

1.Media dan sumber belajar

Anak dapat memanfaatkan media sosial sebagai salah satu sumber belajar. Media sosial banyak menyediakan informasi dan pengetahuan yang bermanfaat. Hal ini dapat memperluas dan memperkaya pengetahuan dan wawasan anak.

2.Sarana bersosialisasi dengan lingkungan luar

Melalui media sosial yang ada, anak dapat belajar bagaimana membangun interaksi sosial yang baik. Memperbanyak sahabat dan menjalin tali silaturahmi dengan banyak orang. Semakin banyak teman semakin banyak sambungan tali persahabatan dan silaturrahmi.

3. Sarana berbagi yang bermanfaat

Yang paling penting dalam penggunaan media sosial adalah saling berbagi informasi dan pengetahuan yang bermanfaat. Anak dapat saling berbagi tips, info dan panduan tentang sesuatu bahan belajar, termasuk informasi pada blog matrapendidikan.com ini.

4. Sarana komunikasi

Tidak sedikit orang yang menggunakan media sosial sebagai sarana komunikasi jarak jauh dengan keluarga dan sanak famili. Begitu pula untuk mencari teman atau sahabat lama semasa sekolah. Komunikasi melalui media sosial agaknya lebih murah dan mudah. Menjadi alternatif menghemat kuota internet. Bisa jadi begitu terutama bagi anak sekolah.

5.Bisnis online

Media sosial dapat dimanfaatkan oleh anak sebagai sarana belajar bisnis. Belajar berdagang secara online, sehingga menjadi sesuatu yang produktif bagi anak. Dapat membantu meringankan orangtua dalam membiayai pendidikan. Tentunya manfaat ini berlaku bagi anak yang memiliki minat dan bakat berjualan.

Meskipun media sosial bermanfaat banyak bagi anak namun harus diwaspadai segala dampak negatif yang merugikan anak. Oleh sebab itu anak harus berpandai-pandai dalam memanfaatkan media sosial yang ada. Untuk keperluan ini anak berlu juga sekali-sekali berkonsultasi dengan guru atau orangtua.

Share this :

1 Response to "Mengutip Manfaat Positif Sosial Media Bagi Anak"

  1. iya bener banget Uda, kalo kita ngeliat dari sisi posistifnya sebenernya keberadaan media sosial ini banyak juga manfaatnya seperti yang telah diuraikan di atas. Yang terpenting kitanya selaku pengguna harus lebih arif dan bijak dalam menggunakan sosial media.

    BalasHapus