3 Cara Mudah Memperoleh Nilai Bagus

3 Cara mudah memperoleh nilai bagus  - Semua siswa pasti senang, puas kalau memperoleh nilai bagus dan memuaskan. Ini juga akan membuat orangtua merasa bangga. Ujung-ujungnya, uang saku bisa meningkat dari biasanya. Atau, siswa akan memperoleh hadiah khusus atau reward dari orangtua.

Namun cukup banyak siswa mengalami masalah nilai pada saat penerimaan rapor. Nilai tertera pada buku rapor kurang bagus. Tidak memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) mata pelajaran. Mengapa demikian?

Terlalu sulitkah bagi siswa meraih nilai bagus dan memuaskan? Tentu saja tidak terlalu sulit, asal siswa mengetahui, menerapkan cara memperoleh nilai bagus. Coba teruskan membaca cara sederhana berikut ini.

cara mudah,memperoleh,nilai bagus

1.Ikuti semua pelajaran dengan baik

Kunci utama memperoleh nilai bagus adalah mengikuti setiap pelajaran dengan baik. Kalau dapat, kehadiran siswa terhitung seratus persen. Itu artinya, siswa harus menyukai semua guru maupun mata pelajaran.

Jangan bolos belajar, malas belajar atau sering terlambat masuk kelas. Hindari perilaku menyimpang ini. Begitu pula kegiatan penilaian di sekolah. Ikuti semua proses ujian mulai dari ulangan harian (UH), ujian tengah semester (UTS) dan ujian lainnya.

2.Sopan santun terhadap guru

Ketahuilah, nilai yang tertera di buku rapor bukan hasil proses belajar semata. Sikap dan tingkah laku serta keterampilan juga termasuk unsur penilaian untuk rapor.  Siswa yang bersopan santun terhadap guru sudah memiliki nilai tambah di mata guru.

3.Kerjakan tugas/PR dengan baik

Malas mengerjakan PR atau tugas yang diberi guru di sekolah? Jangan berharap nilai bagus. Oleh sebab itu kerjakan semua tugas atau PR meskipun hasilnya sering salah. Bagi guru yang utama adalah siswa mau melaksanakan tugas yang diberikan.

Kalau tugas/PR selalu dikerjakan, guru menganggap siswa telah berusaha belajar. Paling tidak usaha inilah yang akan dihargai oleh guru melalui unsur nilai tugas.

Bagaimana? Mudah bukan? Kalau begitu coba terapkan cara memperoleh nilai bagus tersebut dan lihat hasilnya. Mudah-mudahan cara tersebut dapat diterapkan oleh siswa terutama yang mengalami masalah dalam memperoleh nilai bagus.

Share this :

1 Response to "3 Cara Mudah Memperoleh Nilai Bagus"

  1. Dengan menerapkan ketiga cara di atas Insya Allah siswa akan dapat dengan mudah mendapatkan nilai yang bagus ya mas

    BalasHapus