5 Jenis dan Fungsi Ujian di Sekolah

5 Jenis dan fungsi ujian di sekolah – Anda yang duduk di kelas terakhir pada jenjang pendidikan tertentu. Pasti sudah, dan akan melewati beberapa jenis ujian lagi di sekolah. Ujian yang dijalani tersebut merupakan rangkaian proses penilaian dalam pembelajaran.

Ujian yang dilaksanakan oleh siswa menjadi alat untuk memperoleh hasil belajar berupa nilai. Nilai yang dicantumkan pada rapor hasil belajar, Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) dan Daftar Nilai Evaluasi Murni (Danem), akan menjadi dokumen penting bagi siswa. Untuk melanjutkan pendidikan maupun untuk mencari pekerjaan.   

jenisujian,fungsi ujian,penilaian

Masing-masing jenis ujian yang dilaksanakan siswa akan mempunyai fungsi tersendiri. Nah, berikut ini akan kita bahas jenis dan fungsi ujian yang dilaksanakan oleh siswa di sekolah.

1.Ujian harian

Ujian harian dikenal juga dengan ulangan harian (UH). Fungsinya adalah untuk mengetahui tingkat penguasaan materi siswa terhadap satu atau lebih konsep/tema/pokok bahasan.

Nilai ujian harian akan digabung dengan nilai tugas dan nilai lainnya menjadi nilai harian siswa. Nilai ini akan menjadi unsur penilaian pada rapor siswa.

2.Ujian mid-semester

Ujian mid-semester atau dikenal juga dengan ujian tengah semester (UTS) dilaksanakan pada pertengahan semester. Berfungsi untuk mengetahui tingkat penguasaan siswa terhadap beberapa konsep/tema/pokok bahasan. Hasil ujian UTS ini akan menentukan nilai pada rapor siswa.

3.Ujian semester

Ujian semester merupakan ujian yang dilaksanakan pada akhir semester setelah siswa menyelesaikan semua materi pada semester bersangkutan. Ujian semester terbagi dua, semester satu (semester ganjil) dan ujian semester dua (semester genap). Ujian semester genap disebut juga ujian kenaikan kelas.

4.Ujian sekolah

Ujian sekolah (US) dilaksanakan setelah siswa menyelesaikan seluruh materi pembelajaran. Ujian yang dilaksanakan oleh  siswa kelas terakhir pada sebuah jenjang pendidikan sekolah ini berfungsi untuk menentukan kelulusan siswa dari suatu sekolah.

5.Ujian nasional

Ujian nasional (UN) adalah ujian yang diselenggarakan secara nasional pada mata pelajaran tertentu. UN berfungsi sebagai kendali mutu pendidikan nasional. Selain itu juga sebagai penentu kelulusan siswa dari suatu sekolah. Kemudian menjadi syarat administrasi bagi siswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya.

Share this :

0 Response to "5 Jenis dan Fungsi Ujian di Sekolah"

Poskan Komentar