Bagaimana Pendidikan Impian di Masa Depan?

Bagaimana pendidikan impian di masa depan? – Pendidikan merupakan salah satu sektor penting dalam pembentukan sumberdaya manusia. Dapat dikatakan kalau kemajuan suatu bangsa tergantung pada bagaimana bangsa itu membangun sumberdaya manusianya menjadi berkualitas.

Pada hakikatnya sumberdaya manusia yang bermutu dalam konteks pembangunan Indonesia adalah manusia yang memiliki kecerdasan intelektual yang tinggi, sikap dan budi pekerti yang baik serta memiliki keterampilan handal.

Tentu saja, penerapan konsep sumberdaya manusia berkualitas butuh waktu dan proses yang panjang. Namun prinsipnya adalah secara bertahap, berangsur-angsur, berkelanjutan dan terorganisir dengan baik.

konsep pendidikan,pendidikan impian,berkualitas

Sasarannya adalah membenahi manajemen dan proses pendidikan  itu sendiri. Sampai saat ini, berbagai upaya telah, sedang dan akan dilakukan untuk mewujudkan manajemen pendidikan yang berkualitas. Dengan manajemen berkualitas diharapkan terciptanya proses pendidikan yang berkualitas pula.

Lalu, bagaimana pendidikan yang kita impikan di masa depan? Untuk menganalisa impian ini kita perlu menelisik beberapa komponen yang berkaitan dengan proses pendidikan, terutama sekali pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. Berikut adalah komponen penting memabangun pendidikan impian di masa depan.

1.Guru

Guru adalah ujung tombak pendidikan. Pahlawan insan cendikia ini berinteraksi langsung dengan anak didik melalui pembelajaran di ruang kelas. Oleh sebab itu guru impian di masa depan adalah guru profesional, merdeka berpikir dan kreatif.

Profesional berarti menguasai dan kompeten di bidang tugasnya. Merdeka berpikir dalam pengertian bebas berinovasi, bebas dari tekanan dan desakan. Pendek kata, tidak banyak beban psikologis maupun beban fisik. Kreatif berarti mempunyai naluri kreativitas yang tinggi dalam menjalankan pembelajaran.

2.Kurikulum

Kurikulum memang harus sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman. Artinya, kurikulum pendidikan harus mampu mengakomodasi perkembangan dunia terkini. Namun kurikulum impian di masa depan adalah kurikulum yang permanen, tidak sering digonta-ganti, diutak-atik.  

Guru merasa nyaman dan tidak kebingungan dengan kurikulum yang ada. Bagaimana pun, kurikulum itu akan dioperasikan secara ril oleh guru melalui pembelajaran.

3.Pembelajaran

Pembelajaran itu sesungguhnya bentuk operasional dari sebuah kurikulum. Tidak berarti apa-apa sebuah kurikulum tanpa dioperasionalkan oleh guru melalui pembelajaran.

Pembelajaran impian masa depan adalah pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa maupun guru. Dengan demikianj, tujuan pembelajaran tercapai dan hasil pembelajaran dapat dimiliki dan dirasakan oleh siswa.

4.Sarana pendidikan

Sarana pendidikan impian masa depan meliputi kelengkapan fasilitas dan alat/bahan belajar. Dengan sarana pendidikan yang memadai akan membuat guru bergairah mengajar, kurikulum dapat dijalankan sebagaimana mestinya, pembelajaran berlangsung efektif dan efisien.

5.Partisipasi orangtua siswa

Pendidikan di sekolah tidak hanya menjadi tanggung jawab pihak sekolah dan pemerintah. Namun partisipasi orangtua siswa ikut menentukan keberhasilan sekolah dalam memajukan pendidikan.

Anak memiliki waktu lebih banyak bersama keluarga di rumah. Perhatian dan kepedulian orangtua sangat berpengaruh terhadap proses belajar anak di rumah maupun di sekolah.

Itulah 5 aspek penting dalam mewujudkan pendidikan impian di masa depan.


Saya hanyalah seorang guru non-profesional sekaligus blogger yang selalu berusaha belajar dan...belajar serta mengajar di dunia maya maupun alam nyata.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »