Beasiswa Bagi Kelangsungan Pendidikan Anak

Beasiswa bagi kelangsungan pendidikan anak – Wajib Belajar 12 tahun merupakan salah satu program pemerintah dalam melangsungkan dan memajukan pendidikan anak di negeri ini. Program ini sebagai lanjutan dari program wajib belajar sebelumnya.

Sebagai kelanjutan program Wajib Belajar 9 tahun, program ini masih berkaitan erat dengan pemerataan memperoleh pendidikan bagi anak Indonesia. 

Anak Indonesia wajib mendapat kesempatan untuk memperoleh pendidikan sampai jenjang pendidikan menengah atas. Itu artinya, anak Indonesia minimal harus menamatkan dan memiliki ijazah SMU/Sederajat.

Pentingnya beasiswa pendidikan

Menindaklanjuti program tersebut, pihak pemerintah, swasta maupun masyarakat, telah memberikan dukungan nyata dalam bentuk pemberian beasiswa. Peranan beasiswa sangat penting demi kelangsungan pendidikan anak.

beasiswa,pendidikan anak,putus sekolah

Sampai saat ini sudah cukup banyak jenis beasiswa yang diluncurkan. Ada beasiswa yang diperuntukkan buat anak yang berasal dari keluarga kurang mampu. 

Beasiswa ini untuk mengantisipasi agar anak tidak putus sekolah karena masalah atau kesulitan dalam pembiayaan pendidikan.

Agar tujuan pemberian beasiswa tercapai maka seyogyanya dimanfaatkan hanya untuk keperluan pendidikan anak. Orangtua siswa melengkapi semua kebutuhan sekolah anak. 

Misalnya, berbagai peralatan sekolah (buku pelajaran, alat tulis, dll) dan perlengkapan untuk sekolah (pakaian seragam harian, sepatu, tas sekolah,dll.). Namun bisa juga digunakan untuk biaya transportasi anak ke sekolah.

Selain itu ada pula beasiswa bagi anak berprestasi di sekolah. Beasiswa ini bertujuan untuk memotivasi anak lebih giat belajar. Anak menjadi lebih bersemangat belajar sehingga prestasi yang diperoleh dapat ditingkatkan, paling tidak dipertahankan.

Peranan wali kelas

Wali kelas/guru kelas berperanan penting dalam menjembatani program beasiswa ini. Mengapa demikian? Para wali kelas/guru kelas lebih banyak mengetahui seluk-beluk siswa. Secara administrasi, identitas dan biodata siswa dimiliki oleh wali kelas.

Dengan memahami kondisi siswa melalui data yang ada, kemudian melakukan audiensi dengan para orangtua siswa.  Wali kelas/guru kelas dapat mengajukan calon siswa penerima beasiswa.

Demikian pembahasan tentang pentingnya beasiswa bagi kelangsungan pendidikan anak Indonesia.

Saya hanyalah seorang guru non-profesional sekaligus blogger yang selalu berusaha belajar dan...belajar serta mengajar, di dunia nyata maupun alam maya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »