Belajar Alat Ukur Besaran Panjang dalam Fisika

Belajar alat ukur besaran panjang dalam fisika – Alat ukur besaran panjang yang perlu anda kenal lebih dalam adalah mistar, rol meter, jangka sorong dan mikrometer sekrup. Keempat alat ukur besaran panjang tersebut memiliki tingkat ketelitian berbeda-beda.

Apa itu tingkat ketelitian? Tingkat ketelitian adalah nilai terkecil yang masih dapat diukur. Mengapa perlu tingkat ketelitian alat ukur? Agar hasil pengukuran terhadap suatu benda lebih teliti.

Benda yang hendak diukur besaranya harus disesuaikan dengan alat ukur dan ketelitiannya. Sebagai contoh, untuk mengukur panjang dan lebar meja siswa, paling sesuai digunakan mistar ketimbang rol meter.

Untuk mengukur tebal kertas buku lebih teliti digunakan mikrometer sekrup daripada jangka sorong. Selanjutnya mari kita pelajari empat alat ukur besaran panjang, ketelitian dan kegunaannya.

1.Mistar (penggaris)

Mistar (penggaris) memiliki ketelitian pengukuran setengah dari skala terkecil yang tertera pada mistar tersebut. Penggaris dengan skala terkecil cm memiliki nilai ketelitian 0.5 cm. Sedangkan mistar dengan skala terkecil mm memiliki ketelitian sampai 0.5 mm. 
alat ukur,panjang,mistar

Digunakan untuk mengukur besaran panjang suatu benda. Misalnya, mengukur panjang atau lebar meja belajar siswa.

2.Rol meter (meteran kelos)

Rol meter (meteran kelos) memiliki skala terkecil dalam satuan cm sehingga nilai ketelitiannya 0.5 cm. Digunakan untuk mengukur besaran panjang seperti panjang dan lebar sebuah lapangan sepak bola, mengukur luas tanah untuk perumahan, dan lain sebagainya.

3.Jangka sorong

Jangka sorong mempunyai ketelitian 0.1 mm dan 0.05 mm. Jangka sorong digital sudah mempunyai ketelitian sampai 0.01 mm. 

jangka sorong,alat ukur,besaran panjang

Digunakan untuk mengukur panjang benda, diameter atau garis tengah benda, dan kedalaman benda berbentuk tabung.

4.Mikrometer sekrup

Mikrometer sekrup memiliki ketelitian paling tinggi yaitu sampai 0.01 mm sehingga dapat mengukur benda yang sangat tipis seperti tebal kertas, pisau silet dan tebal helai rambut.

mikrometer,alat ukur,besaran panjang

Meskipun demikian, menggunakan mikrometer sekrup dalam pengukuran perlu kehati-hatian terutama dalam membaca skala ukur yang tertera. Demikianlah empat macam alat ukur besaran panjang dalam fisika yang perlu dipelajari.

Share this :

0 Response to "Belajar Alat Ukur Besaran Panjang dalam Fisika"

Poskan Komentar