Cara Membaca Skala Mikrometer Sekrup

Cara membaca skala mikrometer sekrup – Selain mistar, rol meter, dan jangka sorong, alat ukur besaran panjang adalah mikrometer sekrup. Alat ini memiliki tingkat ketelitian paling tinggi.

Oleh sebab itu, melengkapi contoh soal IPA Fisika untuk siswa akan dipersembahkan cara membaca hasil pengukuran dengan menggunakan mikrometer sekrup.

Seperti sudah dibahas sebelumnya, alat ukur besaran panjang mistar (penggaris) mempunyai tingkat ketelitian 0.5 cm dan 0.5 mm. Meteran kelos 0.5 cm dan jangka sorong 0.1 mm dan 0.05 mm. Sedangkan mikrometer sekrup memiliki ketelitian sampai 0.01 mm.

Mikrometer sekrup dapat mengukur benda yang sangat tipis seperti tebal kertas, pisau silet dan tebal helai rambut. Untuk memahami lebih jauh skala mikrometer sekrup, berikut ini diberikan contoh soal sederhana.

Soal:
Perhatikan gambar berikut!

cara,membaca skala,mikro meter sekrup

Hasil pengukuran ketebalan sebuah benda dengan menggunakan mikrometer sekrup adalah…
     A.   4.12 mm
     B.   4.14 mm
     C.   4.62 mm
     D.   4.72 mm

Pembahasan:
Perhatikan skala dan angka pada lengan dan skala putar mikrometer sekrup.  Pada lengan mikrometer sekrup terbaca skala 4.5 mm dan skala putar 0.12 mm sehingga hasil pengukurannya: 4.5 mm + 0.12 mm = 4.62 mm

Kunci jawaban:
C ( 4.62 )

Untuk melatih dan meningkatkan keterampilan mengerjakan soal membaca skala ukur besaran panjang lainnya, silahkan baca: Cara Membaca Skala Jangka Sorong

Saya hanyalah seorang guru non-profesional sekaligus blogger yang selalu berusaha belajar dan...belajar serta mengajar, di dunia nyata maupun alam maya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »