Energi Potensial Benda Jatuh Bebas

Energi potensial benda jatuh bebas – Setiap benda yang jatuh akan menuju pusat bumi. Benda jatuh bebas dalam konsep fisika artinya benda yang tidak mempunyai kecepatan awal atau kecepatan awal (Vo). Namun benda tersebut memiliki energi potensial (Ep).

Contoh benda dikatakan jatuh bebas adalah buah yang jatuh dari pohon. Air terjun dapat dikatakan benda jatuh bebas. Benda jatuh menuju pusta bumi karena adanya pengaruh gaya tarik bumi (grafitasi).



Pada kesempatan ini dikemukakan contoh soal ujian IPA fisika konsep benda jatuh bebas. Siswa di suruh untuk menghitung energi potensial yang dimiliki oleh benda yang jatuh bebas tersebut.

Soal:
Sebuah benda yang massanya 10 kg jatuh bebas dari ketinggian 20 m. Jika grafitasi bumi g = 10 m/s maka besarnya energi potensial oleh benda tersebut adalah…

      A.   1000 Joule
      B.   2000 Joule.
      C.   3000 Joule
      D.   4000 Joule

Pembahasan:
Benda yang mengalami jatuh bebas akan memiliki energi potensial (Ep) = m.g.h Joule. Oleh sebab itu energi potensial benda yang jatuh dari ketinggian 20 m dapat dihitung dengan persamaan: Ep = m x g x h

Diketahui:
m = massa =  10 kg
g = grafitasi bumi = 10 m/s
h = ketinggian benda = 20 m  

Maka:
Ep = m x g x h
Ep =10 kg x 10 m/s x 20 m
Ep = 2000 kg.m2/s (Joule)

Kunci jawaban:
B. ( 2000 Joule)

Saya hanyalah seorang guru non-profesional sekaligus blogger yang selalu berusaha belajar dan...belajar serta mengajar di dunia maya maupun alam nyata.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »