Cara dan Langkah Membuat Blog di Blogspot untuk Siswa

Cara dan langkah membuat blog di blogspot untuk Siswa – Blog menjadi salah satu media pendidikan bagi siswa. Melalui fasilitas media ini siswa dapat menyimpan dan mempublikasikan hasil karya tulisnya secara online.

Siswa yang membuat blog  akan dapat menyalurkan hobi dibidang dunia tulis menulis. Kelak pada gilirannya, kegiatan ngeblog yang dilakukan siswa akan memberi manfaat lebih luas.

Bukan mustahil suatu saat akan bisa menghasilkan uang setelah blog yang dibangun siswa dimonetisasi. Misalnya memonetisasi blog dengan mengikuti program PPC, semisal google adsense. Tapi itu semua perlu waktu dan kerja keras siswa yang mempunyai blog.

Bagi siswa yang belum mempunyai blog dan ingin membuatnya, selanjutnya akan disajikan bagaimana cara membuat sebuah blog di blogspot (blogger).

Nah, apakah Anda sudah memiliki akun google? Kalau belum silahkan baca kembali bagaimana cara membuat akun google di gmail.com

Jika sudah memiliki akun google, Anda sudah langsung membuat sebuah blog di blogspot, dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1.Silahkan ketik blogger.com pada browser.

2.Isikan alamat gmail dan kata sandi yang sudah dibuat pada kotak yang disediakan.

3.Klik Masuk.
Mungkin Anda diminta untuk memverifikasi identitas. Seperti gambar ini:

cara,membuat,blog

Masukkan kembali nomor ponsel Anda ketika membuat akun google. Kemudian klik Dapatkan Kode, sehingga Anda bisa menerima pesan berupa sms berisi angka verifikasi. Kemudian akan muncul gambar berikut ini:

Segera Isikan kode verifikasi google yang Anda diterima melalui sms sebanyak 6 angka, kemudian klik Verifikasi. Selanjutnya Anda dibawa ke tampilan profil, dan pilih Buat Profil terbatas sehingga muncul tampilan profil blogger, seperti gambar berikut ini.



4..Isi nama tampilan: ( Misalnya nama tampilan admin ; Andi Piliang)

5.Kik lanjutkan ke blogger sehingga muncul tampilan seperti ini:


6.Wah, blog Anda belum ada. Oleh sebab itu saatnya Anda membuat blog baru dengan mengklik kata “Blog Baru” dibagian kiri.

7.Sekarang Anda sudah sampai pada tahap membuat judul blog dan alamat url blog. tampilan blankonya seperti berikut ini:

cara,membuat,blog baru


a.Judul (isi judul blog yang kita suka, misalnya: Lukisan Kata)

b.Alamat (alamat url blog, misalnya isi dengan: lukisankata98.blogspot.com).Tetapi belum tentu url blog yang Anda masukkan tersedia di blogger. Oleh sebab itu coba cari url yang lain. 

Sebagai contoh, lukisankata.blogspot.com tidak tersedia maka coba tambahkan angka 98 dibelakangnya sehingga menjadi, lukisankata98.blogspot.com. Url ini tersedia.

c.Template: pilih template sederhana atau boleh pilih template yang tersedia disana.

8.Lanjutkan dengan mengklik Buat Blog

9.Sekarang Blog Anda sudah jadi.

Sekarang, apakah Anda sudah menyediakan sebuah artikel postingan untuk dimuat pada blog baru ini? Kalau sudah klik Entri Baru di sebelah kiri atas sehingga kita melihat blanko tempat memasukkan artikel, seperti gambar:

cara,memposting,artikel



a.Judul pos: (tulis judul artikel postingan Anda)

b.Salin artikel yang sudah disediakan di word atau notepad ke kotak tersedia pada kondisi compose (jangan sampai terklik posisi html)

c.Jika Anda belum memiliki artikel atau tulisan untuk dimuat, Anda boleh mengetik langsung apa yang ingin Anda posting pada kotak postingan yang tersedia. Sekadar latihan, ketiklah dua sampai tiga paragraf artikel. Kemudian terbitkan. Coba lihat hasilnya.

Bagaimana? Sekarang Anda sudah bisa membuat blog dan memposting sebuah artikel dengan beberapa paragraf ketikan. Sebagai saran, ada baiknya Anda sebagai siswa rajin berlatih membuat artikel postingan. Untuk melengkapi bacaan, siswa juga bisa membaca artikel berikut ini.



Semoga bermanfaat.

Share this :

0 Response to "Cara dan Langkah Membuat Blog di Blogspot untuk Siswa"

Poskan Komentar