Agar Tetap "Gajian" dari Google Teruslah Menulis

Agar tetap "gajian" dari google teruslah menulis – Memang, google adsense menetapkan ambang batas pembayaran (payout) kepada publisher minimal $100. Publisher yang sudah mencapai ambang pembayaran dapat menerima bayaran dari google.

Bagi blog ukuran personal seperti matrapendidikan.com yang  sedang Anda kunjungi ini. Tidaklah mudah untuk mencapai ambang pembayaran itu setiap bulan. Apalagi pada kondisi saat ini, jangankan sebulan, untuk payout sekali dua bulan saja sudah kepayahan.

Mengapa menjadi tidak mudah untuk gajian tipa bulan untuk saat ini? Semua publisher sudah dapat memakluminya. Salah satunya karena nilai klik iklan sejak beberapa bulan belakangan belum menggembirakan. 

Meskipun trafik pengunjung dan jumlah klik sah mengalami peningkatan yang signifikan, namun rata-rata nilai klik iklan hanya $0.04 setiap bulannya.

Yang penting tetap "gajian"

Gajian dari google adsense tidak terbatas waktu melainkan tergantung ambang batas minimal payout yaitu $100. Kalau begitu, yang penting tetap gajian dari google. Kalau tidak bisa tiap bulan, sekali dua bulan, sekali tiap triwulan juga tidak apa-apa.

earnings adsense,konsisten menulis,konten blog

Dari semula bergabung menjadi publisher adsense tak pernah bermimpi muluk-muluk, meskipun di luar sana banyak publisher yang sukses mendulang dollar. Pada mulanya dipasang target payout sekali setahun. Wah, lama banget!

Seiring perkembangan advertise google adsense, target itu ditingkatkan menjadi sekali semester. Ternyata hasil dicapai jauh melampaui target. Bisa payout tiap bulan. Namun sayang itu hanya beberapa bulan saja. Sejak November 2015 lalu, target itu tak lagi tercapai.

Mau tak mau, kembali terjadi perubahan target payout menjadi triwulan. Target itu berlaku dan alhamdulillah, tercapai sampai sekarang.

Target earnings adsense hanya $1 per hari. Terlalu rendah tentunya. Mengapa terlalu rendah?  Pertama, berkaitan dengan rendahnya nilai CPC adsense untuk blog berbahasa Indonesia. Itu artinya, dalam triwulan sudah bisa payout minimal pada angka ambang batas pencairan uang dari google.

Alasan kedua, bermain adsense berfungsi sebagai penghasilan tambahan semata. Jika memperoleh earnings dari adsense, itupun hanya sebagai tambahan pemasukan keuangan. Digunakan untuk mengganti membeli kebutuhan kuota pulsa dan pengganti biaya rekening listrik selama melakukan kegiatan blogging.

Konsisten mengupdate konten

Strategi yang ditempuh agar tetap gajian dari google adalah mengupdate konten blog secara konsisten. Berusaha menulis artikel dan mempublikasikannya minimal sebuah artikel tiap hari.

Tanpa mengenyampingkan faktor kualitas, fokus utama dalam kondisi tertentu memang pada kuantitas konten. Konon, google menyukai blog yang banyak memiliki konten. Tentu saja bukan hanya banyak konten yang dipertimbangkan oleh google. 

Rajin mengupdate konten berpotensi untuk meningkatkan trafik pengunjung. Semakin banyak pengunjung, peluang untuk earning adsense semakin terbuka lebar.

Saya hanyalah seorang guru non-profesional sekaligus blogger yang selalu berusaha belajar dan...belajar serta mengajar, di dunia nyata maupun alam maya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »