Keuntungan dan Kerugian Gaya Gesekan

Keuntungan dan kerugian gaya gesekan – Belajar fisika itu seseungguhnya bisa menyenangkan bagi siswa. Begitu pula bagi guru mata pelajaran fisika. Mengajarkan materi pelajaran fisika menjadi sangat menyenangkan. Mengapa?

Ilmu fisika pada umumnya berkaitan dengan fenomena alam yang terjadi di sekitar lingkungan kita. Banyak fenomena alamiah menarik kita saksikan berhubungan dengan materi pelajaran fisika.

Gaya gesekan merupakan salah satu materi pelajaran IPA fisika yang tidak kalah menarik untuk ditelusuri. Banyak peristiwa ilmiah terkait dengan penerapan gaya gesekan dalam kehidupan sehari-hari.

keuntungan,kerugian,gaya gesekan

Bagaimana seandainya di dunia tidak ada gaya gesekan? Lalu apa keuntungan dan kerugian gaya gesekan, serta bagaimana upaya untuk menghindari gesekan yang merugikan? Ikuti pembahasan ini sampai tuntas.

Gaya gesekan adalah gaya yang melawan gaya benda dari dua permukaan benda yang bersentuhan. Gaya gesekan berlawanan dengan gaya yang menyebabkan benda bergerak. 

Misalnya, anda mendorong meja di atas lantai kasar. Anda akan merasakan sesuatu gaya yang melawan arah gaya yang diberikan.

Gaya gesekan menimbulkan dampak yang menguntungkan dan merugikan. Namun manusia mempunyai cara untuk mengurangi dampak merugikan gaya gesekan tersebut.

Keuntungan gaya gesekan

1.Ban kendaraan seperti; mobil, motor dan sepeda, dibuat bergerigi agar terjadi gesekan dengan aspal jalan raya atau jalan tanah. Gesekan ban dengan jalan mengurangi resiko selip sehingga memperkecil kemungkinan kecelakaan.

2.Motor anda dilengkapi dengan rem termol atau rem cakram. Tarikan handel rem ketika hendak menghentikan motor, sesungguhnya membuat gesekan antara pelat rem dengan kampas rem. 

Jika remnya bagus motor anda dapat berhenti sesuai keinginan. Inilah keuntungan prinsip gaya gesekan pada rem kendaraan.

3.Prinsip serupa juga ditemukan pada sol sepatu yang dibuat bergerigi. Tujuannya agar orang tidak tergelincir berjalan di tempat yang licin, seperti di lantai keramik dan di atas lapangan rumput.

4.Anda mungkin sering berkunjung ke tempat pembuatan perabot rumah tangga. Tukang perabot menggunakan amplas untuk menghaluskan kayu sebelum didempul dan dicat. Hasilnya akan lebih bagus dan menarik untuk dipandang mata.

Kerugian gaya kesekan

Di balik keuntungan, gaya gesekan juga menimbulkan kerugian. Dua permukaan benda yang bergesekan akan aus (susut karena gesekan). Benda yang bergerak akan mengalami pengurangan kecepatan akibat gesekan dengan benda lain atau gesekan dengan angin.

Meskipun demikian, ada beberapa kerugian yang dapat dihindari akibat gaya gesekan. Misalnya, kerugian akibat gesekan komponen mesin pada kendaran dapat dihindari dengan menggunakan minyak pelumas (oli). 

Begitu pula mengurangi gesekan antara gear dan rantai motor, dilumasi dengan oli pekat.

Dapat disimpulkan bahwa konsep ilmu fisika gaya gesekan berperanan penting dalam kehidupan sehari-hari umat manusia. 

Oleh sebab itu kecerdasan menelaah segala dampak yang ditimbulkan gaya gesekan menjadi salah satu langkah untuk kesejahteraan umat manusia. 

Share this :

0 Response to "Keuntungan dan Kerugian Gaya Gesekan"

Poskan Komentar