Konten adalah 'Ruhnya' Sebuah Blog (?)

Konten adalah ruhnya sebuah blog (?) – Benarkah konten menjadi 'ruh' dari sebuah blog? Pertanyaan ini barangkali hanyalah retorika belaka. Sebab para pengunjung, terutama para blogger mungkin sudah mengetahui jawaban pertanyaan ini.

Apalah artinya sebuah blog yang didisain bagus tanpa memiliki konten, atau miskin konten. Blog hanya bagai sebuah kerangka bangunan rumah yang belum bisa dihuni. Kalau ada orang yang masuk. Mereka hanya melihat kerangka rumah yang tidak menarik.

Konten blog umumnya terdiri dari informasi dan hiburan. Informasi dari berbagai disiplin ilmu. Disajikan dalam bentuk berita, artikel, panduan/totorial, maupun karya sastra seperti puisi dan cerita fiksi.

konten,artikel,postingan,blog

Semua itu tercakup dalam beragam topik seperti; pendidikan, kesehatan, teknologi dan informasi, gadget, asuransi, dll.

Sudah banyak kita baca tentang konten sebuah blog. Beragam pula pandangan terhadap konten yang berkualitas. Namun pada hakikatnya, konten berkualitas itu berisi informasi yang dibutuhkan pengunjung. 

Pengunjung datang ke blog karena butuh informasi. Menambah pengetahuan dan wawasan, serta mencari solusi terhadap suatu masalah yang dihadapi. Konten asli (original) atau tidak, sepertinya bukan menjadi persoalan bagi pengunjung yang butuh informasi.

Tidak mudah memenuhi kebutuhan pengunjung. Namun kita berusaha untuk itu dengan cara belajar dan terus berlatih. Membuat konten yang lebih baik sehingga blog mempunyai 'roh' hidup.

Mengkaji  konten blog tidak terlepas dari dua aspek penting yaitu, kuantitas dan kualitas. Dari segi kuantitas, agaknya sebuah blog harus memiliki banyak konten. Namun perlu pula mengedepankan sisi kualitasnya.

Agar blog memiliki 'ruh', kita berusaha membuat sebanyak mungkin konten berkualitas. Baik di mata pengunjung maupun mesin pencari. Jika konten blog berada di halaman pertama mesin pencari, maka boleh dikatakan blog akan memiliki roh karena besar kemungkinan mendapat banyak kunjungan netter.

Seperti diketahui, banyak cara pengunjung sampai pada sebuah blog. Namun yang paling bagus, konon melalui mesin pencari, seperti google, yahoo, bing, ask, dll. 

Pengunjung yang butuh informasi akan masuk ke sebuah blog dengan mengetikkan kata kunci (keyword) tertentu pada kolom pencarian search engine tersebut.

Share this :

0 Response to "Konten adalah 'Ruhnya' Sebuah Blog (?)"

Poskan Komentar