Menyikapi Masalah yang Dialami Anak

Menyikapi masalah yang dialami anak – Mungkin Anda sering memperhatikan perubahan drastis sikap dan perilaku anak. Anak menunjukkan fenomena psikologis yang lain dari biasanya.

Anak yang mengalami masalah psikologis sering menunjukkan perubahan perilaku secara drastis. Biasanya berpenampilan tenang berubah menjadi agresif. Mudah mengeluarkan kata atau kalimat agresif.

Semula anak bersikap periang berubah menjadi pemurung atau pendiam. Tidak banyak berbicara, bahkan enggan untuk bergaul dengan temannya.

Sebagai orangtua, Anda pasti telah menyadari ada sesuatu yang kurang beres terjadi pada diri anak. Anak sedang mengalami sesuatu yang tidak menyenangkan hati dan pikirannya.

Anak sedang menghadapi masalah. Persoalan yang dianggapnya sangat berat dan rumit. Mengganggu ketentraman hati dan kenyamanan pikirannya.

menyikapi,masalah,anak

Persoalannya sekarang, apakah Anda mengetahui persis penyebab perubahan drastis pada anak? Apakah anak mengalami masalah belajar, pergaulan sosial dengan teman atau masalah lain yang sulit ditebak?

Berikut ini adalah catatan penting berkaitan dengan sikap orangtua terhadap masalah yang dihadapi anak;

1.Perlu waktu yang cukup

Barangkali, tidak semua orangtua memiliki perhatian mendalam terhadap anak. Terlalu sibuk dengan aktivitas rutin. Kadang-kadang tidak mengetahui kalau anak sedang mengalami masalah. Anak mencari solusi menurut caranya sendiri untuk mengatasi masalahnya.

Perhatian dan waktu cukup akan memudahkan orangtua untuk mendeteksi permasalahan yang dihadapi anak. Kemudian bersama anak mencari jalan keluar dari permasalahan tersebut.

2.Pentingnya keterbukaan

Keterbukaan anak terhadap orangtua sangat penting. Keterbukaan menjadi awal yang baik untuk menyikapi permasalahan yang dihadapi anak. Anak meyakini kalau orangtuanya tempat yang paling aman untuk mencurahkan keluh-kesah.

Orangtua menjadi tempat curhat paling baik bagi anak. Lebih leluasa untuk mengungkapkan permasalahan yang dihadapi anak. Dengan demikian orangtua dapat menentukan sikap terhadap permasalahan yang dialami anak.

3.Sikap orangtua

Permasalahan yang dihadapi anak perlu disikapi dengan baik. Sabar dan arif menanggapi perubahan drastis pada diri anak. Sikap gegabah orangtua justru cenderung menimbulkan konflik batin dengan anak.

Hal ini berdampak buruk terhadap sikap dan kepribadian anak selanjutnya. Boleh jadi anak menjadi tidak betah berada di rumah bersama orangtua. Anak akan mencari jalan keluar sendiri dalam menghadapi masalah yang dialaminya.

Share this :

0 Response to "Menyikapi Masalah yang Dialami Anak"

Poskan Komentar