Spion Kendaran Gunakan Cermin Positif, Mengapa?

Spion kendaran gunakan cermin positif, mengapa? – Kendaraan Anda, apakah mobil atau sepeda motor, pasti menggunakan spion. Dipasang di bagian kanan dan kiri kendaraan. Spion kendaraan terbuat dari cermin positif (cembung).

Apa kegunaan spion bagi kendaraan Anda? Kenapa harus spion dari cermin cembung (cermin positif). Kenapa tidak menggunakan cermin cekung (cermin negatif). Yuk, kita lanjutkan membacanya!

Spion kendaraan merupakan salah satu penerapan ilmu fisika dalam kehidupan sehari-hari. Materi pelajaran berkaitan dengan ini adalah sifat cermin cembung dan penerapannya.

spion kendaraan,cermin cembung

Kegunaan pemasangan spion cermin cembung bagi kendaraan adalah agar pengguna aman berkendaraan. Selain itu juga untuk mematuhi aturan berlalu lintas di jalan raya. Tidak pada kendaraan saja, di setiap tikungan tajam jalan juga dipasang spion dengan ukuran besar.

Spion menjadi alat bantu penting pengendara atau pengemudi. Dengan bantuan spion, pengendara tidak perlu lagi menoleh ke belakang untuk melihat kendaraan lain atau  segala sesuatuya yang ada di bagian belakang kendaran. 

Cukup menoleh pada spion di sebelah kanan atau kiri kendaraan.

Alat ini berupa cermin positif yang dilapisi amalgama perak dan dibentuk sedemikian rupa sehingga mempermudah pengguna kendaraan melihat benda lain di belakang, tanpa harus menoleh ke belakang saat mengenjalankan kendaraan.

Untuk menjawab pertanyaan ini perlu dibahas sifat bayangan yang dibentuk oleh sebuah cermin positif. Cermin positif memiliki karakteristik dan sifat pembentukan bayangan sebagai berikut:

1.Menyebarkan sinar

Cermin positif atau cembung bersifat menyebarkan sinar (divergen). Sifat cermin positif ini sama dengan sifat lensa positif yang digunakan pada kaca mata untuk menolong penderita rabun jauh.

2.Bayangan benda tegak

Bayangan benda yang dibentuk cermin positif selalu tegak. Artinya dimana pun letak benda maka bayangannya tidak pernah terlihat terbalik. 

Buktinya, pengendara atau pengemudi tak pernah melihat bayangan kendaraan atau benda lainnya di belakang dalam posisi terbalik.

Anda dapat bayangkan, bagaimana kalau bayangan yang dibentuk spion kendaraan Anda posisinya terbalik.

3.Membentuk bayangan semu

Bayangan yang dibentuk cermin cembung selalu semu, dimana bayangan benda selalu berada di belakang cermin. Akibatnya ketika benda jauh dibelakang cermin maka bayangan benda juga terlihat kecil. 

Sebaliknya, semakin dekat benda semakin besar bayangannya terlihat pada cermin spion. 

Berdasarkan pembahasan di atas, maka pantas setiap kendaraan harus menggunakan spion cermin cembung agar bayangan kendaraan atau benda lain di belakang tidak terbalik. 

Dengan demikian Anda akan aman dalam berkendaraan di jalan raya atau tempat keramaian.

Share this :

0 Response to "Spion Kendaran Gunakan Cermin Positif, Mengapa?"

Poskan Komentar