10 Tips Menjadi Guru yang Baik

10 Tips menjadi guru yang baik – Seorang guru dapat dikatakan sebagai figur publik di sekolah. Berkomunikasi dan berinteraksi dengan rekan sesama guru dan siswa.

Barangkali, jumlah guru mungkin hanya sekian orang saja. Namun tidak demikian dengan siswa. Jumlah siswa mencapai puluhan bahkan ratusan.

Interaksi guru lebih banyak di kantor majelis guru atau saat tertentu ketika tidak mengajar. Namun komunikasi dan interaksi dengan siswa dapat terjadi di dalam kelas maupun luar kelas.

tips,menjadi guru,yang baik

Di luar kelas misalnya saat jam istirahat belajar. Selebihnya guru akan bersosialisasi dengan masyarakat di sekitar sekolah maupun di sekitar tempat tinggalnya.

Sebagai figur publik di lingkungan tempat guru bertugas, semua komunitas akan melihat dan memperhatikan sikap dan tindak tanduk seorang guru. Tidak semua pandangan mereka baik terhadap guru. Padahal sesungguhnya guru itu adalah sosok ditiru dan digugu.

Dibalik itu, kita juga tak dapat memungkiri bahwa guru itu bukanlah malaikat. Guru tetap sebagai sosok pribadi manusia yang tak luput dari kekurangan dan keterbatasan.

Namun seorang guru akan berupaya untuk menjadi guru yang baik. Berikut adalah beberapa tips untuk mencapai hal tersebut:

1.Sederhana dalam bertutur dan bertingkah laku.
2.Gemar bekerja sama dengan rekan sejawat.
3.Suka membimbing siswa yang kurang mampu dalam belajar.
4.Sesuai ucapan dan perbuatan.
5.Terbuka terhadap saran dan kritik dari rekan sejawat maupun siswa.
6.Tidak mudah tersinggung dan pemarah.
7.Berpikir positif, kritis dan kreatif.
8.Selalu optimis dalam hidup.
9.Luwes dalam bergaul dengan siapa pun.
10.Religius.

Demikianlah 10 tips untuk berusaha menjadi guru yang baik di depan siswa, rekan sejawat dan masyarakata disekitarnya. Mudah-mudahan menjadi bahan inspirasi bagi pengunjung semua.

Share this :

0 Response to "10 Tips Menjadi Guru yang Baik"

Poskan Komentar