5 Tips Mengajar yang Efektif

5 Tips mengajar yang efektif - Mengajar merupakan tindakan atau usaha yang dilakukan oleh guru dengan mengikuti prosedur dan langkah-langkah tertentu.

Tindakan yang dilakukan guru tidak sembarangan melainkan mengikuti langkah-langkah sistematis. Ada bagian pendahuluan,  berisi persiapan siswa untuk menerima materi pelajaran.

Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan inti yang dilaksanakan melalui strategi dan metode mengajar yang dipilih. Rangkaian proses pembelajaran diakhiri dengan kegiatan penutup, berupa umpan balik atau evaluasi terhadap proses dan hasil pembelajaran.

tips,mengajar,efektif dan efisien

Langkah sistematis ini sudah tertuang dalam buku perangkat mengajar.

Menciptakan pembelajaran efektif memang tidaklah semudah membalik telapak tangan. Namun demikian diperlukan usaha dan tindakan konsisten dan kontinyu untuk mewujudkannya di ruang kelas.

Sebab, apa yang sudah dirancang dengan baik pada perangkat mengajar, bisa jadi akan berantakan ketika diterapkan di ruang kelas.

Banyak hambatan dan kendala yang ditemui di kelas. Oleh sebab itu guru perlu mengantisipasi semua hambatan tersebut sebelum memulai pembelajaran. Kegigihan melakukan eksperimen mengajar menjadi kunci sukses dalam menemukan cara mengajar yang efektif.

Mengajar dalam konsep moderen mengandung makna membelajarkan siswa. Guru dikatakan telah mengajar apabila siswa sudah belajar. Sudah melibatkan aktivitas fisik dan mental siswa dalam membahas suatu konsep materi pelajaran.

Berikut ini beberapa alternatif tips mengajar yang efektif:

1.Persiapkan siswa untuk belajar

Mempersiapkan siswa untuk belajar adalah menciptakan kondisi fisik dan psikis siswa untuk menerima materi pembelajaran. Jika masih ada siswa yang kusuk kasak, melakukan sesuatu yang tidak berkaitan dengan kegiatan belajar, atau ngobrol dengan temannya terdekat.

Itu membuktikan siswa belum siap menerima pelajaran. Sebaiknya jangan memulai pelajaran terlebih dulu.

2.Kuasai materi pelajaran dengan baik

Guru menguasai materi pelajaran yang akan diajarkan sehingga pembelajaran menjadi lancar dan tidak tersendat-sendat. Kebiasaan yang terlalu sering melihat buku sumber ketika menerangkan pelajaran akan menghambat kelancaran mengajar. Bahkan berakibat dapat mengganggu konsentrasi belajar siswa.

3.Kelola kelas dengan baik

Pengelolaan kelas menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam mengajar. Bagaimana mungkin pembelajaran berjalan lancar jika sangat sulit untuk mengelola kelas. Pengelolaan kelas yang baik dilakukan dengan memahami karakter siswa.

4.Informasikan tujuan yang hendak dicapai

Di awal pembelajaran perlu disampaikan apa tujuan pembelajaran yang hendak dicapai oleh siswa. Penyampaian informasi ini penting karena siswa memahami apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut.

5.Terapkan disiplin belajar

Tak banyak yang bisa dilakukan oleh guru ketika mengajar jika disiplin belajar tidak ditegakkan. Disiplin dalam belajar perlu disosialisasikan dan disepaklati oleh semua siswa.

Misalnya, tidak dibenarkan minta izin keluar ketika pembelajaran berlangsung kecuali hal memaklsa. Jika pembelajaran telah dimulai tidak dibenarkan masuk bagi siswa terlambat.

Demikianlah 5 tips mengajar yang efektif, Mudah-mudahan di antara uraian di atas menjadi solusi dalam mengatasi masalah pembelajaran di ruang kelas.

Share this :

0 Response to "5 Tips Mengajar yang Efektif"

Poskan Komentar