Ciri dan Karakteristik Guru Panutan di Sekolah

Ciri dan karakteristik guru panutan di sekolah - Warga sekolah terdiri dari siswa, guru, tenaga administrasi, jaga sekolah.

Semua warga sekolah membentuk suatu kesatuan yang utuh, saling bekerja sama dalam memajukan pendidikan di sekolah. Tak satupun dari komponen warga sekolah yang menganggap dirinya paling penting di sekolah.

Prinsip tersebut di atas perlu dimiliki oleh guru. Sebagai salah satu komponen warga sekolah, guru adalah pelaksana kunci proses pendidikan di sekolah. Namun demikian guru bukanlah warga yang paling dominan dalam meningkatkan kualitas sekolah.

Peranan guru di sekolah tidak akan berjalan dengan baik tanpa dukungan komponen lainnya. Namun sebagai komponen pelaksana, guru perlu berada pada gardu terdepan. Terutama dalam sikap dan karakter sehari-hari.

ciri,karakter,guru,panutan

Guru menjadi panutan oleh komponen lainnya terutama dalam berpikir, berbicara, bersikap dan bertingkah laku. Ini bukan berarti seorang  guru itu harus seperti malaikat. Panutan dalam hal ini adalah konteks manusia manusiawi.  

Bagaimana ciri khas dan karakter guru yang menjadi panutan di lingkungan sekolah? Tentu saja tidak mudah mengenal hal tersebut. Apalagi seorang guru lebih banyak berinteraksi dengan murid.

Namun demikian ada berapa ciri dan karakteristik guru yang menjadi panutan di lingkungan sekolah:

1.Ramah terhadap semua warga sekolah

Sikap ramah seorang guru terlihat dari sikap dan tingkah laku bergaul sehari-hari di lingkungan sekolah. Misalnya, cara dan gaya berbicara atau berkomunikasi dengan semua warga sekolah. Tidak emosional dan angkuh. Tidak gila hormat.

Sebaliknya bersikap tenang dan sabar. Tidak mengharapkan penghormatan terhadap dirinya. Justru berusaha untuk tetap menghormati rekan kerja serta warga lain di sekolah.

2.Berpikiran positif

Komunikasi sosial di lingkungan mana pun, cenderung menimbulkan konflik sosial. Konflik sosial dimulai dengan adanya sikap kurang menghargai orang lain, prasangka buruk, dan lain sebagainya.

Guru yang mengedepankan pikiran positif dan prasangka baik akan menjadi panutan bagi warga sekolah. Menjadi embun penyejuk mana kala terjadi konflik sosial di sekolah.

3.Berpikir jenih dalam menghadapi masalah

Kesulitan dalam melakukan tugas dan pekerjaan sehari-hari sering membuat orang menemui masalah. Bahkan masalah kecil bisa menjadi masalah yang besar. Namun demikian guru yang berpikir jernih menghadapi masalah akan menjadi panutan bagi warga sekolah.

4.Tidak memilih-milih teman

Guru akan menjadi panutan bagi warga sekolah bila bergaul dengan semua warga sekolah. Tidak membedakan usia tua atau muda, yang cantik dan kurang cantik, yang berjabatan dan yang tidak berjabatan, dan lain sebagainya.

Yang tua dihormati, sebaya dibawa berdiskusi dan yang kecil disayangi. Yang terkecil adalah siswa. Guru panutan akan menyayangi siswa sebagai layaknya menyayangi anaknya sendiri.

5.Taat beribadah

Guru panutan pastilah guru yang taat beribadah. Guru ini akan menjadi panutan bagi siswa dan bahkan semua warga sekolah. Implikasinya adalah bahwa guru religius akan mampu berinteraksi sosial dengan baik sehingga mudah mengajak warga sekolah lainnya untuk selalu beribadah.


Itulah 5 ciri dan karakteristik guru yang menjadi panutan di lingkungan pendidikan sekolah.

Share this :

0 Response to "Ciri dan Karakteristik Guru Panutan di Sekolah"

Poskan Komentar