Contoh Karangan Siswa Tentang Hardiknas

Contoh karangan siswa tentang hardiknas- Apakah siswa mengikuti upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas)? Kalau iya, siswa akan mempunyai bahan untuk membuat karangan singkat tentang upacara peringatan Hardiknas tersebut.


Jika guru menugaskan siswa untuk membuat karangan, tentu akan lebih mudah bagi siswa untuk membuatnya. Mengapa demikian? Apa yang akan siswa tulis, ide atau gagasannya sudah dimiliki. Menulis karangan dari pengalaman sendiri lebih mudah.

Umumnya, guru menugaskan siswa membuat sebuah karangan memang berdasarkan pengalaman siswa sehari-hari. Misalnya, pengalaman selama libur sekolah, kegiatan bulan Ramadhan, peringatan Hardiknas, dan pengalaman lainnya.

contoh karangan,hardiknas,siswa

Berikut ditampilkan contoh karangan singkat tentang peringatan Hardiknas di tingkat kecamatan.
“Peringatan Kelahiran Ki Hadjar Dewantara”
Tanggal 2 Mei merupakan hari kelahiran seorang tokoh pelopor pendidikan Indonesia, Bapak Ki Hadjar Dewantara. Hari ulang tahun kelahiran beliau ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional atau disingkat Hardiknas.
Peringatan Hardiknas setiap tahun bertujuan untuk mengenang kembali perjuangan Bapak Ki Hadjar dewantara. Seperti tahun sebelumnya, peringatan Hardiknas dipusatkan di tingkat kecamatan. 
Bertindak sebagai pembina upacara adalah Bapak Camat Kecamatan X, yaitu Bapak Mulyadi Piliang. Dalam amanat pembina upacara, bapak camat membacakan sambutan tertulis menteri Pendidikan Nasional. 
Dalam sambutan tertulis itu mengingatkan kembali semua unsur yang terlibat dengan pendidikan anak Indonesia. Pemerintah, masyarakat, orangtua, dan pihak sekolah diingatkan kembali untuk mengedepankan pentingnya pendidikan anak.

Demikianlah contoh karangan sederhana tentang peringatan Hardiknas. Para siswa yang ditugaskan membuat karangan boleh menyesuaikan karangan dengan peristiwa sebenarnya di lingkungan masing-masing.

Ingin mengetahui contoh karangan yang lain? Silahkan simak juga:



Saya hanyalah seorang guru non-profesional sekaligus blogger yang selalu berusaha belajar dan...belajar serta mengajar, di dunia nyata maupun alam maya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »