Hakikat Tugas Guru dalam Pendidikan

Hakikat tugas guru dalam pendidikan - Guru termasuk salah satu profesi yang berperan penting dalam membentuk sumberdaya manusia yang berkualitas.

Sumberdaya manusia dikelola melalui pendidikan. Proses yang berlangsung di lembaga pendidikan tak lepas dari peran guru sebagai pengajar dan pendidik.

Wajar jika dikatakan kalau guru menjadi ujung tombak dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Guru melaksanakan secara operasional semua tugas pembelajaran di ruang kelas.

Artinya, guru berhadapan langsung dengan objek sekaligus subjek pendidikan yaitu peserta didik.


hakikat,tugas guru,pendidikan

Guru melakukan proses transformasi ranah kognitif, afektif dan psikomotorik melalui pembelajaran di ruang kelas. Transformasi ketiga aspek ini berlangsung dalam interaksi bersifat manusiawi.

Tidak memperlakukan siswa sebagai individu yang serba belum tahu. Disinilah pentingnya peran guru dalam pendidikan.

Pada hakikatnya, ada 3 tugas guru dalam pendidikan;

1.Mencerdaskan

Guru berperan penting dalam mencerdaskan anak bangsa. Proses pencerdasan ini tidak semata menyangkut otak. Mentransfer berbagai ilmu pengetahuan. Lebih penting dari itu adalah pencerdasan emosional dan sosial peserta didik.

Keseimbangan kecerdasan otak dengan kecerdasan psikologis akan melahirkan generasi yang pintar di otak dan cerdas di hati.

2.Membudipekertikan

Aspek penting lainnya dalam transformasi pendidikan adalah sikap dan tingkah laku yang baik. Dengan perilaku yang baik dan berbudaya mengantarkan peserta didik menjadi manusia berbudi pekerti luhur.

3.Menerampilkan

Transformasi pendidikan di lembaga sekolah oleh guru tetap mengacu pada prinsip keseimbangan antara otak, jiwa, hati dan keterampilan. Anak yang cerdas belum berarti banyak jika belum disempurnakan dengan modal keterampilan dasar.

Tugas guru tersebut mengantarkan peserta didik yang pintar di otak, cerdas di hati, dan terampil di tangan.

Share this :

0 Response to "Hakikat Tugas Guru dalam Pendidikan"

Poskan Komentar