Mengajar Cara Belajar Siswa

Mengajar cara belajar siswa – Bagi guru yang sudah lama berkecimpung menekuni profesi keguruan. Mungkin sudah dapat memahami judul artikel ini. Tidak akan bingung membacanya.

Namun bagi guru baru atau calon guru, boleh jadi perlu pembahasan lagi. Oleh sebab itu akan dibahas pada kesempatan kali ini. Ada 4 kata kunci penting pada judul artikel ini; mengajar, cara, belajar dan siswa.

Pada hakikatnya, mengajar adalah usaha menciptakan kondisi di ruang kelas agar siswa dapat belajar dengan baik. Dengan kata lain, pembelajaran berjalan lancar dan tujuan pembelajaran tercapai secara optimal.


mengajar,belajar,cara,siswa

Kondisi yang mendukung siswa dapat belajar adalah suasana belajar yang kondusif dan menyenangkan.  Lingkungan belajar terasa nyaman. Fisik maupun psikis siswa terlibat dalam pembelajaran .

Belajar adalah tindakan siswa untuk mengubah pengetahuan, sikap dan tingkah laku serta keterampilan ke arah yang lebih baik. 

Setiap siswa memiliki potensi dan potensi itu akan dikembangkan menjadi lebih baik melalui strategi dan metode mengajar yang dilakukan guru.

Jadi, mengajar cara belajar siswa adalah upaya guru menciptakan situasi dan kondisi agar siswa aktif belajar secara fisik dan psikis. Siswa menerima informasi belajar dari guru.

Kemudian berusaha bagaimana cara menelaah informasi belajar sehingga informasi itu dimiliki dan dirasakan hasilnya oleh siswa.

Oleh sebab itu, guru dikatakan telah mengajar apabila siswa telah belajar. Mengapa siswa telah belajar? Karena siswa mengetahui bagaimana cara belajar belajar yang baik.

Yaitu cara belajar yang efektif dan efisien sehingga prestasi belajar siswa diraih secara optimal.

Share this :

0 Response to "Mengajar Cara Belajar Siswa"

Poskan Komentar