Motivasi Menulis Konten Blog untuk Pemula

Motivasi Menulis Konten Blog untuk Pemula

Motivasi menulis konten blog untuk pemula – Anda sebagai blogger pemula, sering mengalami keraguan menulis konten untuk blog? Matrapendidikan.com blog pendidikan sebagai wahana pendidikan blog, akan coba memotivasi Anda agar tidak ragu-ragu menulis konten untuk blog. Buang semua keraguan itu. Kenapa harus dibuang?


Tidak ada istilah tidak layak muat

Pada blog personal Anda, sudah pasti tidak menggunakan istilah ‘tidak layak muat’. Berbeda dengan menulis artikel di media cetak, bisa jadi artikel yang Anda kirim berujung pada tong sampah redaksi. Dewan redaksi menganggap tulisan Anda belum pantas dimuat di media bersangkutan.

motivasi,menulis,konten blog

Sebaliknya pada blog, Anda menjadi penulis, sekaligus editor dan penerbit artikel anda sendiri.  Anda lebih merdeka untuk membuat artikel dan menerbitkannya di blog milik Anda sendiri.

Tidak perlu artikel yang panjang

Dikaui memang, membuat blog hanya butuh waktu sekian menit. Tapi mengisi blog dengan sekian buah postingan tidak demikian. Namun sebagai catatan penting bagi Anda, tidak perlu membuat artikel postingan yang panjang jika belum sanggup.

Coba 4 – 5 paragraf saja terlebih dulu sebagai ajang belajar. Antara 150 – 200 kata, dan dilengkapi dengan gambar pendukung. Kelak artikel itu bisa diedit kembali, diperpanjang jika Anda belum puas dengan artikel yang sudah diterbitkan.

Jangan pikirkan dulu 'kualitas artikel'

Merasa artikel tidak berkualitas? Khawatir tidak akan dibaca pengunjung? Ragu tidak mendapat respons dari pengunjung? Jangan pikirkan itu dulu sebagai pemula. Kalau Anda pikirkan, bisa-bisa ide yang bersarang di kepala akan terbang kembali. Ujung-ujungnya blog terbengkalai.

Yang penting tahap utama anda membiasakan diri menulis artikel terlebih dulu. Menulis konten untuk blog perlu kebiasaan. Kalau dibiasakan terus-menerus tanpa memikirkan ini dan itu, suatu saat akan mahir juga. Yang penting jangan sungkan untuk belajar dan belatih.

Banyak jenis konten yang perlu dibiasakan. Mau menulis artikel panduan, tutorial, berita, atau mau menulis sastra seperti puisi dan cerpen. Nah, kalau itu rumit maka tulis saja artikel postingan tentang pengalaman sehari-hari terlebih dulu.

Jadi, Anda pemula dalam mengelola blog tak perlu ragu-ragu dalam menulis dan menerbitkan artikel postingan blog. Yang penting buat artikel semampunya dan terbitkan. Itu dilakukan secara terus menerus sehingga Anda menjadi terbiasa mengupdate konten blog. Terima kasih.

Posting Komentar