Tips Menjaga Kesehatan Paru-paru

Tips menjaga kesehatan paru-paru – Dalam pelajaran IPA Biologi di kelas IX SMP/Mts, paru-paru adalah salah satu organ tubuh manusia yang berfungsi sebagai alat ekskresi.

Dalam paru-paru terjadi pertukaran gas oksigen dengan karbondioksida. Gas karbondioksida dan uap air menjadi hasil proses metabolisme dalam tubuh. Kelak gas dan uap air ini akan diekskresikan ke luar tubuh melalui pernapasan.

Agar fungsi ekskresi berjalan lancar maka paru-paru harus memiliki kinerja yang baik. Untuk mencapai maksud ini maka paru-paru harus dalam kondisi selalu sehat.

menjaga,kesehatan,paru-paru

Kesehatan paru-paru saat ini sering dikaitkan dengan gaya hidup seseorang. Kebiasaan merokok, mengkonsumsi minuman keras, dan sering keluar malam adalah beberapa gaya hidup yang berkaitan langsung dengan kesehatan paru-paru. Tiga kebiasaan tersebut kerap diklaim sebagai penyebab terganggunya kesehatan organ paru-paru.

Dalam waktu pendek, akibat  dari gaya hidup yang keliru tersebut memang belum terasa dampaknya. Namun lama-kelamaan efek kebiasaan salah itu akan dirasakan gejala-gejalanya.

Oleh sebab itu, agar paru-paru tetap dalam kondisi sehat lakukan beberapa tips berikut ini.

1.Menjaga kebersihan lingkungan

Lingkungan yang paling dekat adalah rumah kemudian tempat bekerja atau belajar dan lingkungan lain. Selalu menjaga kebersihan rumah dari debu adalah langkah penting menjaga kesehatan paru-paru. Tidak hanya rumah, tempat kerja atau belajar perlu dibebaskan dari debu.

Jika membersihkan debu hendaknya dipakai masker pelindung agar tidak terhirup udara yang mengandung debu. Misalnya saat menyapu lantai ruang belajar, lantai rumah atau membakar sampah di pekarangan rumah.

2.Kurangi untuk keluar malam

Paru-paru berbentuk kantong udara tipis dan memiliki banyak pembuluh darah kapiler sehingga rentan terhadap gangguan berupa udara dan kabut yang mengandung virus dan bakteri.

Angin dingin, kabut dan embun di malam hari cenderung menimbukan gangguan pernafasan. Oleh sebab itu kurangi kebiasaan untuk keluar pada malam hari apalagi menjelang dini hari.

Jika memang terpaksa untuk keluar malam usahakan untuk mengenakan jaket atau syal pelindung untuk mencegah paparan angin dan embun di malam hari.

3.Segera jauhi gaya hidup yang keliru

Kebiasaan yang sering dikaitkan dengan paru-paru adalah merokok dan meminum alkohol dan minuman keras lainnya. Makanya, gaya hidup seperti segera dikurangi dan berubah menjadi kebiasaan hidup sehat.

4.Bernafas dengan benar

Tanpa sengaja orang sering melakukan pernafasan yang salah yaitu melalui mulut. Pernafasan ini tidak menjamin udara luar tersaring dengan baik. Oleh sebab itu selalu bernafas menggunakan hidung. Pada hidung terdapat filter atau penyaring udara berupa bulu hidung.

5.Hindari stres

Tekanan mental (Stress) dapat memicu gangguan kinerja paru-paru. Oleh sebab itu berusahalah untuk menjauhi stres dengan cara berpikir santai. Usahakan tidak selalu serius menghadapi masalah yang tak mungkin dipecahkan sendiri. Sebaliknya sering melakukan penyegaran (refreshing) terhadap otak. Menghirup udara segar dan melakukan kegiatan santai seperti jalan kaki.

6.Kurangi kebiasaan makanan dan minuman terlalu dingin

Makanan atau minuman terlalu dingin akan membuat paru-paru mengalami kejutan (shock) karena terjadi perubahan suhu paru-paru secara mendadak. Oleh sebab itu ketika cuaca panas kurangi kebiasaan memakan atau meminum yang terlalu dingin.

Share this :

0 Response to "Tips Menjaga Kesehatan Paru-paru"

Poskan Komentar