Upaya Meningkatkan Trafik Pengunjung Blog

Upaya meningkatkan trafik pengunjung blog – Kita sudah memaklumi kalau keberadaan sebuah blog sangat ditentukan oleh pengunjung. Belum berarti banyak sebuah blog kalau tidak, atau jarang dikunjungi oleh netter. Blog hanya menjadi sebuah rumah kosong di tengah belantara hutan luas.


Oleh sebab itu cukup beralasan jika setiap blogger akan berlomba-lomba untuk ‘mengundang’ pengunjung datang ke blognya. Melakukan berbagai upaya agar blog ramai oleh pengunjung. Dengan kata lain, trafik pengunjung blog tinggi dan berdampak signifikan terhadap penghasilan blogger.

Sebenarnya sudah banyak tips dan cara di luar sana tentang bagaimana mendatangkan banyak pengunjung ke blog. Tips dan cara yang mereka kemukakan pastilah berdasar pengalaman emperis dalam mengelola blog. Persoalannya mungkin, sejauhmana kita belajar dari tips dan cara itu.  Bagaimana menerapkannya di blog dan hasil yang sudah diperoleh.


Kesempatan kali ini, juga dikemukakan pengalaman emperis sebagai upaya meningkatkan trafik pengunjung. Tentunya tips ini bersifat relatif sehingga lebih cocok disebut upaya meningkatkan trafik (lalu lintas) pengunjung blog versi  matrapendidikan.com

#Bagaimana pengunjung sampai di blog?

Ada baiknya kita analisa kembali bagaimana seorang pengunjung datang ke sebuah blog. Pengunjung sampai ke suatu blog dengan alasan dan cara tertentu. Misalnya, seorang pengunjung ingin mencari informasi tentang bagaimana cara belajar yang efektif dan efisien. Dengan alasan ini, pengunjung memulai pencarian informasi dengan cara mengetik kata kunci (Keyword) tersebut pada kolom pencarian di browser.

Nah, blog yang bagaimana akan beruntung dikunjungi? Atau di blog siapa pengunjung akan mendarat dan menemukan apa yang pengunjung cari? Apakah hanya blog kita yang berpeluang untuk mendapat kunjungan setelah pengunjung mengetik kata kunci tertentu?

Ternyata tidak hanya blog kita yang memiliki peluang untuk dikunjungi. Blog lain juga memiliki peluang dengan kata kunci yang sama. Bisa saja blog lain yang beruntung mendapat kunjungan, sementara blog kita tidak sempat dikunjunginya. Itu bisa saja terjadi.

Peluang sebuah blog mendapat kunjungan tergantung pada posisi artikel di halaman pencarian dan judul artikel itu sendiri. Mari kita bahas satu persatu.

1.Posisi artikel di halaman mesin pencarian

Seperti diketahui, halaman pertama mesin pencari (misalnya google) memuat sekitar 10 judul artikel/blog. Nah, jika posisi artikel kita berada di halaman pertama mesin pencarian, maka besar peluang blog untuk dikunjungi.

Bukankah pengunjung yang waktunya terbatas cenderung hanya membuka halaman pertama hasil pencarian? Kecil kemungkinannya pengunjung untuk membuka atau mengklik halaman kedua, ketiga, apalagi halaman kesekiannya. Ini pasti memerlukan waktu lama dalam browsing.  

Peluang di atas semakin besar lagi bila posisi artikel atau blog berada pada papan atas halaman hasil pencarian. Misalnya urutan pertama, kedua, ketiga…dan seterusnya. Pengunjung boleh jadi beranggapan, artikel di urutan teratas adalah artikel terbagus.

2.Ketertarikan pengunjung dengan judul artikel

Rupanya memang, judul konten sangat menentukan trafik pengunjung. Judul yang menarik, unik dan mengundang perhatian, cenderung memiliki peluang terbesar untuk mendapat kunjungan.

Jika artikel blog menempati urutan papan atas, maka yang lebih menarik, unik dan mengundang perhatianlah yang akan di pilih oleh pengunjung. Kecuali kalau pengunjung ingin dan bersedia memeriksa satu persatu, deretan konten yang relevan dengan kata kunci yang diketikkan.

Apakah hanya itu cara pengunjung sampai di sebuah blog? Tentu saja tidak. Ada banyak cara seorang pengunjung sampai di blog. Yang sudah diuraikan di atas hanya salah satu cara, namun cara itu konon dianggap paling bagus. Karena pengunjung berasal dari mesin pencarian atau lazim disebut trafik organik.

#Darimana diketahui asal pengunjung?

Untuk mengetahui asal pengunjung sebaiknya setiap blog dihubungkan dengan google analytics. Dari data ini akan diperoleh data akurat, termasuk asal pengunjung blog. Berdasarkan pengamatan data tools webmaster google itu, ada 3 jenis media sebagai sumber trafik pengunjung blog.

1.Trafik organik (organic traffic)

Yaitu, sumber lalu lintas pengunjung berasal dari mesin pencari (search engine) seperti google, ask, bing, yahoo, yandex, dll. Bagi yang mendaftar menjadi publisher adsense, trafik organik blog menjadi unsur penting diperhatikan blogger. Maksudnya, persentase trafik organik lebih tinggi dari sumber trafik lainnya.

2.Trafik langsung (direct traffic)

Pengunjung sampai di blog secara langsung atau tanpa perantara blog lain, dengan cara mengetik alamat url atau nama blog di browser. Mengapa ini terjadi? Jawaban yang mungkin adalah karena pengunjung sudah hafal nama blog atau alamat url blog tersebut.

3.Trafik rujukan (referral traffic)

Pengunjung sampai di suatu blog setelah mendapat rujukan di situs lain. Misalnya, ketika berkunjung ke suatu blog dan meninggalkan komentar disana. Mungkin saja setelah itu mendapat kunjungan balik dari adminnya melalui link yang ditinggalkan.

Trafik rujukan juga berasal link artikel yang dibagikan pada halaman google+, facebook, twitter, pinteres, linkedin, dan lain sebagainya.

#Apa upaya meningkatkan trafik pengunjung ke blog?

Sekarang sampai pada pokok pembahasan bagaimana upaya meningkatkan lalu lintas pengunjung ke blog.  Sekali lagi dibatasi, ini adalah upaya meningkatkan trafik pengunjung blog versi matrapendidikan.com.

Untuk meningkatkan lalu lintas pengunjung blog, baik trafik organik, secara langsung maupun situs rujukan dapat dilakukan upaya berikut ini:

1.Optimasi artikel

Optimasi artikel adalah upaya bagaimana sebuah artikel postingan memenuhi kriteria SEO (search engine optimization) sehingga artikel menjadi lebih Seo friendly. Upaya ini sesungguhnya ‘membujuk’ search engine yang ada agar suka dengan konten blog.

Dengan harapan, artikel postingan bisa tampil minimal di halaman pertama laman pencarian meskipun urutan terbawah. Ini memberi peluang untuk mendapat trafik pengunjung.

Caranya, tulis artikel semampunya, edit, optimasi dan terbitkan. Setelah itu lakukan upaya selanjutnya.

2.Ping artikel

Ping berarti memberitahu artikel ke situs bookmark agar artikel mudah di-crawl oleh robot mesin pencari. Setiap menerbitkan artikel baru, segera melakukan ping artikel, seperti ke; pingomatics.com, totalping.com

3.Submit artikel

Setelah menerbitkan artikel segera submit artikel ke situs bookmark seperti, imtalk. Kemudian sharing juga artikel ke media sosial seperti; facebook, twitter, linkedin, pinterest, dll.

4.Konsisten menulis artikel

Konsisten menulis konten blog cukup ampuh mendatangkan pengunjung. Ini sudah diketahui oleh semua orang. Namun konsisten ini dimaksudkan mengupdate postingan secara berkala dan teratur. Konon, mesin pencari menyukai blog yang selalu memiliki konten yang fresh. Begitu pula pengunjung blog.

Tidak mesti setiap hari menulis dan memposting artikel. Jika memiliki waktu dan ide membuat konten setiap hari, tentu saja hal itu lebih bagus.

5.Berdoa dan tawakal

Apapun upaya yang dilakukan oleh seseorang tidak luput dari 3 perkara ini; doa, usaha dan tawakal. Untuk mewujudkan suatu keinginan perlu doa dan diiringi dengan usaha yang maksimal. Hasilnya kita serahkan pada Yang Maha Kuasa. Termasuk upaya meningkatkan trafik pengunjung blog ini.

Demikianlah upaya yang dilakukan untuk meningkatkan trafik atau lalu lintas pengunjung ke blog. Mudah-mudahan bermanfaat untuk kita semua.

Share this :

9 Responses to "Upaya Meningkatkan Trafik Pengunjung Blog"

  1. makasih info nya pak sangat bermanfaat ...moga kedepan nya bisa memotivasi untuk pengembangan blog agar lebih baik..khusus nya blog saya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2, Bunda...Semoga Bunda berhasil dalam mengembangkan blognya...

      Hapus
  2. saya baru tahu tentang ping artikel, boleh dicoba, makasih uda

    BalasHapus
  3. Kalau saya optimasi artikel melalui artikel yang paling banyak dikunjungi yaitu dengan memperbanyak artikel yang ada kaitannya atau turunannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, mantab juga mas Dwi...Mungkin itu yang dikatakan dengan membuat artikel Viral, ya mas?

      Hapus
  4. Saya masih belum paham dengan SEO, Mas Uda

    BalasHapus
  5. untuk meningkatkannya memang harus sering share khusunya di forum yang banyak diminati ya pak

    BalasHapus
  6. Baru tau ni harus pake ping segala, ijin mencobanyanya uda

    BalasHapus