7 Tips Ampuh Agar Guru Tetap Sehat dan Optimis dalam Menjalankan Tugas Rutin

7 Tips ampuh agar guru tetap sehat dan optimis dalam menjalankan tugas rutin - Ingin hidup sehat namun tidak tahu caranya? Atau anda sudah mengetahui namun ingin memperdalam lagi pengetahuan tentang hidup sehat?Ini mungkin artikel yang tepat anda baca. 

Artikel ini akan membahas tentang tips dan cara agar para guru tetap sehat. Untuk dapat menjaga tubuh agar tetap sehat, banyak yang dapat anda lakukan dan hindari dalam kehidupan sehari-hari.

1.Jaga berat badan tubuh

Tips dan cara agar tetap sehat selanjutnya yang harus anda perhatikan adalah menjaga berat badan. Ketika seseorang mempunyai berat badan ideal maka kinerja tubuh akan jauh lebih seimbang.

tips,cara,hidup sehat


Ketika berat badan tubuh berlebih, maka ada banyak sekali kinerja tubuh yang terganggu, begitu juga sebaliknya jika berat badan tubuh kurang, maka kinerja tubuh tidak akan berjalan dengan maksimal.


2.Hindari stres

Stres adalah salah satu hal yang dapat merusak otak. Ketika seseorang sedang stress maka sistem metabolisme tubuhnya akan kacau, otak tidak akan berkerja dengan baik. Berbagai macam organ tubuh atau hormon tidak dapat diperintahkan denagn maksimal. Ini juga yang menyebabkan seseorang mudah sekali sakit ketika sedang stress.

3.Cukup mengkosumsi minuman

Minuman yang dimaksud disini adalah air putih, susu, atau minuman yang mengandung eletrolisa. Minuman-minuman seperti ini baik untuk dapat mengganti cairan tubuh yang hilang, agar tubuh senantiasa sehat dan tidak mengalami dehidrasi.

4.Istirahat yang cukup

Sehabis menjalankan berbagai macam aktifitas di sekolah, tentunya anda akan merasa lelah. Ini adalah saat yang paling baik untuk istirahat. Istirahat yang baik dapat menyegarkan tubuh, sehingga ketika bangun, maka tubuh akan terasa segar, dan aktifitas dapat dilakukan dengan baik kembali.

5.Seimbangkan makanan yang dikonsumsi

Tidak semua makanan yang dimakan itu baik untuk tubuh. Kenali makanan yang akan dikonsumsi. Jika anda penyuka rasa manis, sebaiknya seimbangkan makanan yang mengandung rasa manis tersebut dan tidak terlalu banyak, agar kadar gula dalam darah seimbang. 

Begitupun dengan makanan berlemak, jika anda menyukai makanan dengan lemak tinggi, ada baiknya jika diimbangi dengan olahraga secara teratur, agar lemak yang ada dalam tubuh berubah menjadi energi.

6.Berpikir positif

Ini adalah cara lain untuk dapat membuat tubuh menjadi sehat. Otak adalah pusat atau pengendali tubuh. Dengan mensugestikan berpikir positif, maka seluruh tubuh akan merespon dengan memaksimalkan kinerja tubuh itu sendiri.

Jika ada masalah, maka tubuh terutama otak secara langsung akan mencari berbagai macam informasi yang dibutuhkan untuk dapat memecahkan masalah tersebut.

7.Batasi mengkonsumsi garam

Garam memang sangat baik untuk tubuh. Dengan adanya garam, terutama garam beryodium akan membuat kelenjar gondok, berfungsi dengan baik. Ketika seseorang kekurangan yodium maka kelenjar ini tidak akan dapat berfungsi dengan baik, dan akan menyebabkan penyakit gondok. 

Namun jika terlalu banyak mengkonsumsi garam juga tidak baik untuk kesehatan jantung dan darah karena dapat menyebabkan kolesterol tinggi atau darah tinggi.

8.Berolahraga seara teratur

Dengan melakukan olahraga secara teratur maka seluruh tubuh akan bergerak secara dinanis. Gerakan-gerakan ini yang dapat memstimulasi tubuh untuk dapat memaksimalkan kinerjanya sendiri. 

Otot-otot akan dipaksa bekerja secara maksimal, begitupun dengan organ tubuh lainnya. Ini adalah salah satu hal yang dapat membuat tubuh menjadi sehat.

9.Refresing

Ini adalah salah satu cara yang dapat membuat tubuh menjadi relaks. Dengan melakukan refresing maka otak akan menstimulasi tubuh untuk dapat bekerja dengan santai. 

Ini pula yang akan membuat tubuh menjadi terasa segar. Karena ada kesan santai yang diperintahkan otak, dan membuat tubuh merasa relaks. Melakukan kegiatan ini secara rutin, tentunya akan membuat tubuh merasa bugar.

Baca juga: 6 Tips dan cara Agar Tetap Sehat
Itulah 7 tips ampuh agar anda, terutama yang berprofesi sebagai guru, tetap sehat dan optimis dalam menjalankan kegiatan rutin sebagai pendidik anak bangsa.

Share this :

0 Response to "7 Tips Ampuh Agar Guru Tetap Sehat dan Optimis dalam Menjalankan Tugas Rutin"

Poskan Komentar