11 Manfaat Menulis Bagi Seseorang

11 Manfaat menulis bagi seseorang – Menulis dalam hal ini adalah menyampaikan sesuatu dalam bentuk bahasa tulis. Dengan tulisan tangan maupun mesin pengetik. Isi tulisan boleh jadi berupa pendapat, gagasan dan pemikiran seseorang.

Hasil tulisan seseorang minimal untuk dibaca sendiri. Menulis dengan tujuan bukan untuk orang lain. Mungkin dalam konteks ini adalah sebuah diari atau catatan perjalan hidup.

Namun demikian menulis dengan tujuan untuk dibaca dan diketahui oleh orang lain jauh lebih bagus. Kenapa bagus? Selain bermanfaat untuk diri sendiri juga akan bermanfaat untuk orang lain.

manfaat,menulis,kreatif

Paling tidak menjadi sumber inspirasi dalam hidup atau bagi penulis lain. Yang ini butuh media tertentu. Misalnya, media massa cetak dan internet. Dalam dunia internet dikenal dengan media blog atau website.

Banyak manfaat jika menulis ditujukan untuk orang lain melalui media yang dipilih. Berikut ini rangkuman 11 manfaat menulis bagi seseorang:

1.Menulis berarti menciptakan jembatan berkomunikasi dengan diri sendiri maupun orang lain.

2.Kebiasaan menulis akan mengasah dan mempertajam kemampuan diri sendiri dalam berbahasa tulis.

3.Dengan menulis akan membantu orang lain dalam menghadapi dan memecahkan masalah yang sama dengan yang dihadapi si penulis.

4.Menulis dapat mengasah daya nalar dan daya ingat seseorang.

5.Melatih ketajaman untuk berkonsentrasi.

6.Menulis kreatif akan menjadi sumber penghasilan.

7.Aktivitas menulis dapat memperbanyak teman dan sahabat.

8.Menulis adalah sarana aktualisasi diri seseorang.

9.Kemampuan menulis menjadi sebuah prestise dan prestasi

10.Kegiatan menulis mendatangkan kepuasan batin.

11.Menulis akan menambah pengetahuan dan wawasan seseorang.

Itulah 11 manfaat penting dari sebuah aktivitas menulis bagi seseorang. Tentu saja masih banyak manfaat lain dari kegiatan menulis. Oleh sebab itu penting sekali untuk membudayakan menulis.

Share this :

0 Response to "11 Manfaat Menulis Bagi Seseorang"

Poskan Komentar