3 Hal yang Membatalkan Ibadah Puasa

3 Hal yang membatalkan ibadah puasa – Dalam melaksanakan ibadah puasa, sering kita melakukan hal-hal yang dianggap sepele atau kecil. Namun ternyata hal ini akan mengurangi nilai ibadah puasa, bahkan membatalkan ibadah puasa seseorang. 

Misalnya berbicara kurang baik, menceritakan aib orang lain dan lain sebagainya, termasuk perbuatan mengurangi nilai ibadah puasa.

perihal,membatalkan,puasa
Ada pula hal kecil yang sering dilakukan dan ternyata membatalkan ibadah puasa seseorang. Misalnya memasukkan suatu benda dengan sengaja ke dalam rongga tubuh melalui lubang yang terbuka. 

Untuk memahami makna kalimat ini, mari kita diskusikan lebih detail. Silahkan simak kembali: Tentang Kewajiban Berpuasa

1.Benda

Benda adalah segala sesuatu materi yang bisa dilihat dengan nyata. Besar atau kecil, dimakan atau tidak dimakan. 

Benda ini akan membatalkan puasa jika dimakan atau dimasukkan dengan sengaja ke dalam rongga tubuh.  Misalnya benang, bulu ayam, pembersih telinga (cotton bath), dan lain sebagainya.

2.Rongga tubuh

Rongga tubuh adalah lubang atau liang yang terdapat pada batang tubuh manusia. Yang membatalkan puasa dalam hal ini adalah jika memasukkan benda pada bagian otak dan organ tubuh yang berada setelah kerongkongan sampai ke anus. Dalam hal ini tidak termasuk pori-pori di seluruh permukaan kulit.

3.Lubang terbuka

Lobang terbuka adalah lubang pada bagian anggota tubuh yang terbuka seperti; mulut, hidung, telinga, anus dan qubul.

Hal tersebut di atas akan membatalkan puasa apabila dengan sengaja memasukkan benda ke rongga tubuh melalui lubang terbuka tersebut. Jika tidak sengaja, misalnya kemasukan lalat dan debu, maka puasa tidak batal.

Demikian sedikit gambaran hal-hal kecil dan sederhana namun membatalkan puasa seseorang. Jangan lupa simak: Syarat Wajib dan Rukun Berpuasa

Share this :

1 Response to "3 Hal yang Membatalkan Ibadah Puasa"

  1. Berarti ngupil di siang hari aja bisa membatalkan puasa dong :|

    BalasHapus