5 Tips Menjadi Guru Profesional

5 Tips menjadi guru profesional - Untuk menjadi guru yang memiliki sertifikat pendidik profesional barangkali tidaklah rumit. Yang penting penuhi persyaratan administrasi yang ditetapkan.

Kemudian mengikuti ujian kompetensi guru, pelatihan atau prosedur lain yang diadakan oleh pihak penyelenggara. Hal ini tidak menjadi hal yang asing bagi guru pada umumnya.

Paling susahnya adalah menjadi guru yang betul-betul profesional di lapangan. Melaksanakan pembelajaran dengan baik. Meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran. Mampu membelajarkan siswa melalui perannya sebagai motivator, fasilitator dan pembimbing dalam pembelajaran.


tips,menjadi,guru,guru profesional

Guru profesional adalah pengajar dan pendidik yang menguasai dan menerapkan kompetensi dasar guru dalam melaksanakan pembelajaran.

Berikut adalah tips menjadi guru profesional dalam mengajar:

1.Menguasai 4 kompetensi dasar

Yang paling utama dilakukan adalah menguasai konsep-konsep guru profesional. Kemudian secara berangsur-angsur dan berkesinambungan menerapkannnya dalam pembelajaran di kelas.  

Seperti diketahui ada 4 kompetensi dasar yang harus dikuasai guru, yaitu: kompetensi profesional, pedagogik, sosial dan kopetensi kepribadian.

2.Selalu belajar dan update informasi

Guru profesional perlu terus belajar, mengupdate informasi terbaru tentang tugas keguruan. Menambah wawasan pengetahuan melalui media massa, media cetak maupun elektronik, dan media jaringan. Dengan demikian guru tidak akan ketinggalan informasi terkini.

3.Disiplin dalam mengajar

Disiplin dalam mengajar adalah kunci sukses seorang guru dalam melaksanakan pembelajaran. Guru yang disiplin akan menjadi panutan bagi siswa sehingga siswa tidak mau main-main dalam belajar. 

Dalam hal ini bukan sembarang disiplin, atau disiplin yang kaku. Melainkan disiplin yang menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi sekolah, karakter peserta didik dan lingkungan sosial sekolah.

4.Menguasai kelas dengan baik

Sukses mengajar seorang guru ditandai dengan keberhasilannya menguasai kelas dengan baik ketika mengajar. Guru profesional harus mampu mengelola kelas sehingga pembelajaran menjadi menyenangkan. Ujung-ujungnya kelas jadi mudah dikelola oleh guru.

5.Menguasai administrasi pembelajaran

Administrasi mengajar merupakan komponen penting dalam melaksanakan pembelajaran. Guru profesional harus mahir dalam merencanakan pembelajaran sampai mengevaluasi kegiatan pembelajaran. Hal itu dituangkan dalam buku perangkat pembelajaran yang aplikabel.

Untuk mempercepat proses pengolahan administrasi pembelajaran, guru perlu menguasai seluk beluk komputer jaringan.

Itulah beberapa 5 tips menjadi guru profesional yang telah dibahas. Tentu saja masih banyak tips lainnya dalam rangka meningkatkan profesionalitas guru dalam melaksanakan tugasnya.

Share this :

0 Response to "5 Tips Menjadi Guru Profesional"

Poskan Komentar