Belajar Analisa Data Klasemen Sementara Sepak Bola

Belajar analisa data klasemen sementara sepak bola – Siswa dan guru yang menggemari olahraga ‘si kulit bundar’ pasti sudah mengetahui tentang kejuaraan sepak bola seantero benua Eropa, Euro 2016 di Prancis.

Pada kesempatan ini kita akan belajar menganalisa sebuah pernyataan dengan berdasarkan klasemen sementara pertandingan sepak bola. Kita ambil contoh, babak penyisihan grup Piala Eropa 2016 di Prancis, khususnya grup A. 

Perhatikan pernyataan berikut ini.

Prancis menjadi tim pertama yang ‘memastikan diri’ untuk lolos ke babak perdelapan besar Piala Eropa 2016 meskipun masih menyisakan satu pertandingan lagi. Tim tuan rumah yang bergabung di grup A bersama Swiss, Rumania dan Albania.

Berdasarkan pernyataan tersebut muncul pertanyaan, mengapa Prancis dipastikan lolos ke babak berikutnya, meskipun masih menyisakan satu pertandingan lagi?


Untuk menganalisa kepastian lolos itu, perhatikan tabel data klasemen sementara penyisihan grup A Piala Eropa 2016  berikut ini.

klasemen,sepak bola,piala eropa

Hasil analisa klasemen sementara

1.Untuk sementara Prancis berada di puncak klasemen sementara dengan nilai 6 dari dua kali pertandingan melawan Rumania (2-1) dan mengalahkan Albania (2-0).

2.Seandainya kalah sekalipun di pertandingan terakhir (melawan Swiss), Prancis tetap lolos  ke babak berikutnya namun posisinya sebagai runner-up klasemen grup A.

3.Jika Prancis kalah, otomatis Swiss bertengger di puncak klasemen grup A dengan nilai 7

4.Pertandingan antara Rumania melawan Albania, berapa pun skornya tidak akan mempengaruhi langkah Prancis dan Swiss melenggang ke babak selanjutnya.

5.Sebagai catatan, juara Grup dan runner-up serta 4 tim terbaik peringkat 3 maju ke babak perdelapan final (16 besar).

5.Berdasarkan analisa data klasemen sementara inilah lahirnya pernyataan bahwa Prancis  ‘memastikan diri’ lolos ke babak selanjutnya.

Nah, bagaimana? Benar bukan, bahwa Prancis 'memastikan diri' lolos ke babak 16 besar Piala Eropa 2016?

Share this :

0 Response to "Belajar Analisa Data Klasemen Sementara Sepak Bola"

Poskan Komentar