Berpuasa Tingkatkan Kinerja Otak

Berpuasa tingkatkan kecerdasan otak – Jika Anda ingin meningkatkan kinerja otak maka berpuasa adalah salah satu langkah tepat.

Itulah rangkuman dari berbagai sumber terpecaya tentang manfaat berpuasa dalam meningkatkan kinerja otak manusia. Kesimpulan tersebut diambil setelah menelaah berbagai penelitian para ahli yang bertajuk manfaat puasa terhadap kesehatan tubuh dan otak.

Di luar bulan puasa, proses metabolisme yang berlangsung dalam tubuh berjalan normal. Pasokan energi tubuh dan otak bersumber dari makanan dan minuman. Sisa energi dalam bentuk lemak dan protein disimpan dalam jaringan tubuh, termasuk di jaringan otak.

berpuasa,kinerja otak,manusia

Energi dan kalori sebagai hasil pencernaan yang tidak dipakai akan disimpan dalam jaringan tubuh. Otomatis zat racun juga bergabung bersama melalui jaringan tubuh tersebut.

Akan tetapi di bulan puasa, proses metabolisme semisal pencernaan mulai berkurang. Pasokan energi tubuh dan otak diambil dari energi dan hasil proses pencernaan yang tersimpan dalam tubuh.

Cadangan energi ini diambil secara otomatis yang disebut autolisis. Proses penggunaan cadangan lemak dalam tubuh untuk dijadikan pasokan energi baru. Selain itu terjadi proses pembuangan zat sisa yang tidak berguna dalam jaringan saraf yang disebut autofagi.

Puasa membuang sel-sel yang rusak dan hormon yang berlebih dalam tubuh. Selain itu, puasa yang dilaksanakan seseorang akan mengurangi oksigen bebas yang beracun terdapat dalam jaringan saraf dan otak. Dampaknya adalah kinerja otak menjadi lebih baik. 

Share this :

0 Response to "Berpuasa Tingkatkan Kinerja Otak"

Poskan Komentar