Budidaya Jeruk Nipis di Pekarangan Rumah

Budidaya jeruk nipis di pekarangan rumah - Sempit atau luas sebuah pekarangan rumah bukan lagi menjadi persoalan dalam menerapkan kreativitas keluarga. Jika pekarangan anda cukup luas, anda mungkin lebih bebas untuk berkreasi. Memanfaatkan lahan tersebut dengan berbagai cara. Namun yang paling sederhana adalah bertanam tanaman produktif atau tanaman obat (herbal).

Begitu pula jika pekarangan rumah anda cukup sempit. Masih banyak yang bisa anda lakukan dengan kondisi pekarangan demikian. Jika hobi bertanam-tanaman, anda bisa memanfaatkannya dengan bantuan media lain. Misalnya media plastik atau polibag atau media air dan tanah menyerupai hidroponik.

Mari kita simak budidaya jeruk nipis di pekarangan rumah. Tanaman herbal, seperti jeruk nipis memang banyak dibutuhkan dalam kehidungan sehari-hari. Jeruk nipis sering dijadikan sebagai alternatif pengobatan. Selain itu dapat juga sebagai bahan minuman kesehatan. Misalnya, jeruk nipis menjadi minuman detoks untuk kesehatan tubuh.

Buah jeruk nipis juga sebagai bahan bumbu penyedap di dapur. Bagi keluarga, untuk memenuhi kebutuhan akan jeruk nipis tak harus dibeli di pasaran.

budidaya,jeruk nipis,lemon

Setiap keluarga bisa membudidayakan tanaman jeruk nipis di sekitar pekarangan rumah. Jika dalam jumlah batang yang banyak, hal ini akan bernilai ekonomi bagi keluarga. Dapat memenuhi sebagian kebutuhan dapur rumah tangga.

Selain itu bukan mustahil dapat membantu biaya atau akomodasi pendidikan anak. Pendek kata, budidaya jeruk nipis dapat menjadi tambahan jajan atau tabungan anak sekolah. Bahkan dapat membeli berbagai perlengkapan atau peralatan sekolah anak.

Bagi keluarga yang belum membudidayakan tanaman jeruk nipis, mari kita mulai dari sekarang. Manfaatkan pekarangan untuk membudidayakan aneka tanaman dan tumbuhan obat sebagai tanaman obat keluarga (Toga).

Share this :

0 Response to "Budidaya Jeruk Nipis di Pekarangan Rumah"

Poskan Komentar