Cara Mudah Menjaga Kesehatan Organ Mata

Cara mudah menjaga kesehatan organ mata - Mungkin anda sering mendengar kalimat, sehat itu mahal, dan apakah anda setuju dengan kalimat sehat itu mahal? Buat anda yang masih bingung, anda perlu mengetahui bahwa kesehatan yang anda dapatkan tidak bisa anda beli.

Kalau pun anda sakit kemudian berobat pun harus membayar dengan biaya yang tidak murah, bukan? Sebagai contoh organ mata, sebagai alat indera penglihatan memiliki peran penting dalam menunjang segala aktivitas anda.

Untuk itu berikut ini tips untuk menjaga kesehatan organ tubuh mata. Hal-hal harus dilakukan agar memiliki mata yang sehat:

a.Gunakan kacamata hitam

Sinar matahari bisa merusak kulit dan juga mata. Sehingga jika keluar rumah di cuaca yang terik gunakan kacamata hitam untuk melindungi mata anda dari sinar UV.

cara,tips,menjaga,kesehatan mata

Paparan sinar matahari secara terus menerus pada mata bisa menyebabkan degenerasi makula dan penyakit katarak. Pilih kacamata hitam yang bisa memberikan dari sinar UV hingga 99 atau 100 persen.


b. Berhenti merokok

Ternyata kebiasaaan merokok juga bisa mempengaruhi kesehatan mata, seperti katarak, sindrom mata kering, dan kerusakan saraf optik.


c.Membatasi konsumsi alkohol

Jika mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan dalam jangka aktu yang lama bisa menyebabkan kerusakan mata, seperti penurunan penglihatandan penurunan dalam membedakan warna.


d.Kontrol tekanan darah dan kolestrol

Tekanan darah tinggi yang tidak diobati bisa mempengaruhi penglihatan anda bahkan menyebabkan anda terkena penyakit retinotherapy hipertensi. Serta tingkat kolesterol yang tinggi dalam darah bisa menyebabkan penyakit mata vaskular.

Untuk itu anda menjaga kondisi kesehatan anda agar memiliki tekanan darah dan kadar kolesterol yang normal.


e.Jaga gula darah

Kadar gula darah yang tinggi dan tidak terkontrol dalam jangka waktu lama bisa membuat anda mengalami kerusakan pada retina mata atau retinotherapy diabetes. Komplikasi mata yang berkaitan dengan diabetes, seperti kebutaan, penglihatan ganda, dan pendarahan.

f.Makanan kaya antioksidan

Mengonsumsi makanan kaya akan antioksidan akan bermanfaat bagi tubuh anda. Antioksidan merupakan nutrisi yang melindungi dan memperbaiki sel-sel dalam tubuh dari kerusakan serta menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat.

Konsumsi makanan yang bermanfaat untuk kesehatan mata seperti, ikan salmon, ikan tuna, ikan sarden, sayuran berwarna merah, sayuran berwarna hijau, sayuran berwarna kuning, wortel dan jenis umbi-umbian, daging sapi, ayam, hati, keju dan susu.


g.Olahraga mata

Sebagai masyarakat modern pasti anda sering berada di depan layar komputer atau gadeget. Untuk mengurangi masalah kesehatan mata sehari-hari. Coba untuk mengolahraga mata anda.

-Putar mata anda searah dan berlawanan jarum jam, dan ulangi setiap 30 menit.


-Gosokan kedua telapak tangan kemudian letakan di kedua kelopak mata yang sudah tertutup kemudian, buka lalu tutup lagi. Menggososoknya tidak perlu terlalu kencang dan meletakan telapak tanagn di mata pun tidak usah ditekan, hal ini dilakukan untuk membuat mata anda menjadi lebih rileks.



-Bila mata anda sudah sangat terasa lelah, cobalah untuk melihat objek lain yang lebih jauh selama setengah menit. Saat itu coba untuk perbaiki fokus mata anda, lalu berkedip cepat selama beberapa kali.

-Usahakan untuk melihat objek jauh yang berwarna hijau karena akan menyegarkan mata. Setelah itu, ubah objek pandangan menjadi lebih dekat dan pandangi selama 15 detik, dan berkedip lagi dengan cepati. Ulangi sebanyak sepuluh kali agar mata anda lebih rileks.

Ingat sehat itu mahal, jadi dengan menjaga kesehatan organ tubuh mata anda dengan baik akan menghindari anda dari gangguan dan penyakit mata. 

Saya hanyalah seorang guru non-profesional sekaligus blogger yang selalu berusaha belajar dan...belajar serta mengajar di dunia maya maupun alam nyata.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »