Fungsi Media Bagi Guru dan Siswa

Fungsi media bagi guru dan siswa - Secara umum, media adalah semua benda atau materi yang dapat digunakan sebagai alat bantu menyampaikan pesan informasi kepada orang lain.

Dengan bantuan media maka si penerima pesan akan mudah menangkap isi informasi yang diberikan oleh si pemberi pesan.

Media pembelajaran terbagi 3, yaitu; media yang dapat dilihat (visual), yang dapat didengar (audio) dan media yang dapat dilihat dan di dengar (audio-visual). Penggunaan jenis media ini disesuaikan dengan kebutuhan.

fungsi,media,guru,siswa

Dalam pembelajaran, penggunaan media disesuaikan dengan materi pelajaran yang disampaikan kepada siswa. 

Fungsi utama media bagi guru dan siswa dalam pembelajaran adalah:

1.Mempermudah guru menyampaikan materi pelajaran

Media menjadi alat bantu efektif untuk memperlancar proses pembelajaran. Materi pelajaran yang dijelaskan guru secara verbal semakin diperjelas oleh media yang digunakan.

Begitu pula materi bersifat abstrak dan sulit dijangkau oleh pemikiran siswa, menjadi lebih konkrit dengan bantuan media. Tujuan pembelajaran akan mudah tercapai sehingga hasil belajar siswa semakin optimal.

2.Memusatkan perhatian siswa

Media belajar yang digunakan akan berfungsi untuk memusatkan perhatian siswa pada materi pelajaran yang sedang dibahas. Apabila media yang digunakan menarik perhatian siswa maka besar kemungkinan siswa lebih banyak mengetahui, memahami dan menguasai materi pelajaran yang disampaikan.

3.Merangsang keingintahuan siswa

Naluri kuriositas (rasa ingin tahu) siswa akan terangsang jika media yang digunakan benar-benar mampu menyampaikan pesan penting  sesuai dengan materi pelajaran yang sedang dibahas.

4.Membangkitkan motivasi belajar siswa

Penggunaan media dalam mengajar merupakan salah satu upaya efektif untuk merangsang semangat belajar siswa. Ini menjadi upaya guru untuk mengarahkan siswa untuk menggali materi pelajaran seluas-luasnya sehingga tugas guru menjadi lebih ringan dalam menyampaikan materi pelajaran.

5.Mencapai ketuntasan belajar siswa

Penggunaan media dalam mengajar akan mendekatkan siswa pada ketuntasan belajar secara individual maupun klasikal. Muaranya adalah prestasi belajar siswa akan terwujud secara maksimal.

Share this :

0 Response to "Fungsi Media Bagi Guru dan Siswa"

Poskan Komentar